Asian Games Usai, Ganjil-Genap Masih Berlaku

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 03 Sep 2018 04:18 WIB
Ilustrasi spanduk sosialisasi penerapan ganjil-genap (Foto: Yuni Ayu-detikcom)
Jakarta - Penyelenggaraan Asian Games sudah selesai pada Minggu (2/9). Meski demikian, kebijakan perluasan ganjil-genap masih diberlakukan.

Ganjil-genap akan terus diberlakukan hingga event Asian Para Games berakhir 13 Oktober nanti. Meski demikian, ganjil-genap sudah tak diberlakukan pada Sabtu-Minggu.

Asian Para Games akan diselenggarakan pada 6-13 Oktober. Namun, kebijakan ganjil-genap pada September ini tetap diteruskan agar warga tidak kaget atas penerapan tersebut.


TMC Polda Metro Jaya mengumumkan hal tersebut lewat akun Twitter-nya. Kebijakan ganjil-genap terus dilakukan berdasarkan Peraturan Gubernur nomor 92 tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap Menjelang dan Selama Penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Hal ini diatur dalam Pasal 3 ayat 1 dan 2. Ganjil-genap diberlakukan mulai tanggal 3 September sampai dengan 13 Oktober 2018. Kebijakan ini diberlakukan pada hari Senin-Jumat pukul 06.00-21.00 WIB.



Saksikan juga video 'Usai Asian Games, Jakarta Lanjutkan Kebijakan Ganjil-Genap?':

[Gambas:Video 20detik]



Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menegaskan pemberlakukan kebijakan ini. Anies meminta warga tidak berspekulasi terkait perluasan ganjil-genap yang dipermanenkan. Menurutnya, perluasan ganjil-genap hanya kebijakan jangka pendek.

"Kebijakan kami adalah Pemprov DKI akan meneruskan pembatasan lalu lintas sistem 'gangen' (ganjil-genap) sampai selesainya Asian Paralympic Games 13 Oktober," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (31/8) lalu.


(jbr/fai)