Kenalkan Sejarah Islam, Rommy Nobar Sultan Agung Bareng Anak SMA

Akfa Nasrulhak - detikNews
Sabtu, 01 Sep 2018 20:25 WIB
Foto: PPP
Jakarta - Ketua Dewan Pembina Mejelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), M. Romahurmuziy menghadiri nonton bareng (nobar) Film Sultan Agung Tahta, Perjuangan, Cinta.
Nobar ini diikuti oleh pengurus OSIS MAN se-Jakarta sekaligus untuk memperkenalkan sejarah Islam Nusantara di Sinema XXI Tamini Square, Cinta di Tamini Square, dan One Bel Park Jakarta.

Selain di dua lokasi ini, Madani pada waktu yang sama juga gelar Nobar di Mal Puri Indah Jakarta Barat. Menurut pria yang disapa Rommy ini, kegiatan Nobar yang dapat memperkenalkan sejarah islam di Nusantara karena Sultan Agung merupakan sosok pemimpin yang berusaha memadukan ajaran Islam dengan budaya lokal. Film ini juga banyak menyampaikan ajaran Sunan Kalijaga dalam menyebarkan Islam.

"Sultan Agung merupakan pemimpin yang menyatukan penanggalan Jawa dan Arab. Ini merupakan salah satu ikhtiar Sultan Agung untuk mengakomodir kearifan lokal dengan ajaran Islam," kata Rommy, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/9/2018).



Selain itu, Rommy juga menyebut Sultan Agung merupakan sosok antikolonialis yang menyebarkan slogan Mukti (menang) atau mati agar tidak diperbudak penjajah. Ia tidak rela warganya dijajah bangsa asing.

"Sultan Agung berusaha menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada bangsanya. Ia ingin bangsa yang dipimpin sedikit pun tidak diremehkan oleh bangsa asing," jelas Rommy.

Menurut Rommy, anak muda sebagai penerus bangsa perlu menonton film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini agar mudah memahami sejarah, dibanding hanya belajar dari buku.



Sementara itu pengurus OSIS MAN 11 Jakarta, Nila Suci, yang ikut Nobar di One Bell park menyebut film Sultan Agung menarik dan tidak membosankan. Ia bisa menikmati film itu sebagai tontonan sekaligus bisa mengetahui sejarah bangsa, khususnya Kerajaan Mataram Islam.

"Menyenangkan, kami bisa nonton bareng teman-teman film sejarah yang juga karya anak bangsa," ujar Nila. (mul/mpr)