DetikNews
Jumat 31 Agustus 2018, 21:44 WIB

PDIP: Kurang Pantas Air Zamzam Ditulis 'Ganti Presiden'

Faiq Hidayat - detikNews
PDIP: Kurang Pantas Air Zamzam Ditulis Ganti Presiden Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Foto pembagian kardus berisi air zamzam dengan tulisan #2019GantiPresiden viral di media sosial. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai tulisan itu kurang pantas berada di kardus air zamzam.

"Ya, itu kita melihat mana yang pantas dan mana yang tidak pantas. Bagi kami, itu suatu hal yang kurang pantas," ucap Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Hasto kemudian menyatakan momen pelukan Jokowi-Prabowo di Asian Games sebagai hal yang positif. Juru tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf pun akan menampilkan hal positif pada Pilpres 2019.


"Dan juru tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf, kami telah mengambil imbauan. Dengan pertemuan pemimpin nasional kita, Pak Jokowi bertemu dengan Pak Prabowo, dan berpelukan bersama, saya pikir ini merupakan awal yang sangat baik. Agar kita menampilkan hal yang positif terkait dengan apa yang terbaik bagi rakyat, bagi bangsa, dan negara," jelas dia.

"Melalui kampanye presiden itu, bukan dengan persaingan habis-habisan, terlebih dalam menjalankan ibadah haji juga ditumpangi agenda politik. Saya yakin masyarakat Indonesia bisa memahami mana yang baik dan mana yang tidak," imbuh dia.

Selain itu, Hasto mengatakan gagasan kampanye yang disampaikan bukan memecah-belah bangsa. Kampanye nantinya akan menyampaikan nilai kebenaran dan kesetiaan dalam memilih pemimpin yang baik.


"Termasuk persoalan mahar politik itu. Ini yang kami yakini bahwa yang namanya nilai-nilai kebenaran, nilai-nilai kesetiaan untuk memilih pemimpin yang baik, itu ada di hati rakyat kita. Untuk itu, kami mempelopori kampanye yang berkeadaban, kampanye yang menyampaikan gagasan. Bukan kampanye yang menghabisi, yang memecah-belah bangsa kita. Itu bukan sikap yang ditunjukkan kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf," tutur dia.

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) turun tangan mengusut kejadian di foto itu. PPIH mengumpulkan informasi dari berbagai pihak.

"Terkait dengan viral zamzam berlogo itu, kami mendapatkan informasi yang sama. Kami sedang mengumpulkan informasi dari berbagai pihak," ujar Pengendali Teknis PPIH Arab Saudi Mastuki kepada detikcom, Kamis (30/8).
(fai/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed