DetikNews
Jumat 31 Agustus 2018, 15:25 WIB

Bocah SD Nikah Siswi SMA, Anggota DPRD Sulsel: Masih Bau Kencur!

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Bocah SD Nikah Siswi SMA, Anggota DPRD Sulsel: Masih Bau Kencur! ilustrasi pernihakan dini (Foto: Thinkstock)
Makassar - Pernikahan dini seorang anak laki-laki berusia 13 tahun dan seorang perempuan dengan umur 17 tahun di Bantaeng, Sulsel disesalkan oleh DPRD Provinsi SUlsel. Bocah SD itu masih dianggap bau kencur untuk menikah.

"Kalau masih usia seperti kategori anak-anak masih bau kencur. Ngurus diri belum bisa, apalagi untuk berumah tangga dan bertanggung jawab," kata Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Sulsel, M Rajab di Makassar, Sulsel, Jumat (31/8/2018).



Menurutnya, dalam pernikahan seharusnya seorang mempelai pria llebih matang secara psikologis karena nantinya dia ke depannya akan menjadi seorang kepala rumah tangga.

"Ini kita prihatin atas kejadian ini. Usia 13 tahun adalah usia untuk bermain dan berlatih dan belum dapat diberikan tanggungjawab yang besar seperti pernikahan," terangnya.

Dia menyarankan bahwa sebaiknya anak laki-laki itu harus dapat menyelesaikan sekolahnya minimal pada jenjang SMU.

"Ini untuk menunggu dia matang secara psikologis atau baligh lah istilahnya," ucapnya.



Seperti diketahui, mempelai pria adalah anak laki-laki disebut baru saja tamat dari Sekolah Dasar dan pasangan perempuannya berstatus pelajar SMU. Keduanya adalah warga dari Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, Bantaeng.

Pernikahan ini disebut berlangsung pada Kamis (30/8) kemarin di rumah orang tua anak SD tersebut. Pernikahan ini dilaksanakan dengan pesta adat selayaknya pernikahan umum lainnya di Sulsel.
(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed