Laporan dari Mekah

Besok Jemaah Haji Gelombang 2 ke Madinah, Ini Jadwalnya

Fajar Pratama - detikNews
Kamis, 30 Agu 2018 22:35 WIB
Jemaah haji 2018 gelombang pertama kloter perdana yang diberangkatkan pertama kali dari Arab Saudi ke Indonesia (Foto: dok. MCH 2018)
Jakarta - Mulai Jumat (31/8) besok, jemaah haji gelombang kedua mulai bertolak dari Mekah menuju Madinah. Ini jadwal pergerakan kloter untuk Jumat besok.

Kloter MES 8, yang berasal dari Sumatera Utara, akan menjadi kloter pertama yang bergerak dari Mekah ke Madinah. Kloter ini akan mulai berangkat pukul 11.00 waktu setempat, Jumat (31/8/2018).


Kemudian, setelah pemberangkatan Kloter MES 8, akan disusul kloter-kloter jemaah haji gelombang kedua berikutnya. Untuk hari Jumat besok, akan ada 15 kloter yang bergerak dari Mekah ke Madinah.

Jemaah haji akan berada di Madinah kurang-lebih delapan hari. Durasi waktu tersebut dianggap cukup bagi jemaah yang ingin melaksanakan ibadah Arbain, yakni salat 40 kali di Masjid Nawabi secara berturut-turut.


Akhir dari pemberangkatan gelombang kedua ke Madinah dari Mekah adalah pada 16 September. Pada tanggal itu, sudah tak ada lagi jemaah haji Indonesia di Mekah, karena gelombang pertama juga sudah semuanya berangkat per 8 September.

Dari Madinah, jemaah haji gelombang kedua bertolak ke Indonesia langsung melalui Bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz Airport. Akhir dari pemberangkatan gelombang kedua ini adalah 26 September 2018.


(fjp/jbr)