detikNews
Rabu 29 Agustus 2018, 12:32 WIB

HUT DPR Ke-73, Bamsoet Banggakan Parlemen yang Mulai Membaik

Tsarina Maharani - detikNews
HUT DPR Ke-73, Bamsoet Banggakan Parlemen yang Mulai Membaik Sidang Paripurna HUT DPR. (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan pidato dalam rapat paripurna peringatan hari jadi DPR ke-73 hari ini. Bamsoet membawakan pidato bertemakan 'Kita Mulai Membaik'.

Rapat paripurna digelar di Ruang Sidang Nusantara II, gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Dalam pidato itu, Bamsoet menjabarkan sejumlah pencapaian kinerja DPR RI pada tahun sidang Agustus 2017-2018.

Salah satunya, ia menyebutkan sejumlah pencapaian DPR di bidang legislasi. Bamsoet mengatakan, dalam kurun tersebut, DPR telah menghasilkan 62 UU. Ia berharap kinerja ini bisa terus ditingkatkan.


"Semua undang-undang yang disetujui selama periode 2014-2019 adalah sebanyak 62 undang-undang," ujarnya.

"Harus diakui kinerja di bidang legislasi belum sesuai dengan harapan masyarakat. Untuk itu, pimpinan tidak henti-hentinya mengajak semua fraksi, komisi, badan, dan seluruh anggota DPR untuk bekerja keras menuntaskan rancangan undang-undang yang sudah disepakati dalam Prolegnas," kata Bamsoet.

Dalam kesempatan itu, politikus Golkar tersebut juga sempat memperkenalkan aplikasi DPR bernama 'DPRNow'. Lewat aplikasi itu, Bamsoet berharap partisipasi masyarakat dalam pengawasan DPR meningkat.


"Sejumlah capaian telah berhasil dilalui, akan tetapi konektivitas DPR dengan masyarakat yang menjadi konstituen masih perlu ditingkatkan, guna mendorong partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan dengan target audiens yang lebih luas, dengan memanfaatkan teknologi informasi," sebutnya.

Di akhir pidatonya, Bamsoet menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Ia pun berjanji anggota Dewan tak akan mengabaikan tugas meski memasuki tahun politik pada 2019.

"Kami semua bertekad untuk terus bekerja keras sampai akhir masa jabatan. Walaupun kami sibuk untuk mendapatkan dukungan suara rakyat, tetapi kami berjanji untuk tidak melupakan tugas-tugas konstitusional yang ada di pundak kami," tuturnya.

"Kami semua ada di sini, karena dukungan dan kepercayaan rakyat. Di tangan Saudara-saudara semua, nasib kami akan ditentukan. Karena Saudara-saudara semua adalah pemilik kedaulatan yang sejati," sambung Bamsoet.


Simak Juga 'Kata Bamsoet soal #2019GantiPresiden':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com