DetikNews
Jumat 24 Agustus 2018, 00:26 WIB

Soal Aliran Gratifikasi Zumi Zola ke DPD Jambi, Ini Kata PAN

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Soal Aliran Gratifikasi Zumi Zola ke DPD Jambi, Ini Kata PAN Sekjen PAN Eddy Soeparno (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola disebut jaksa KPK memberikan dua ambulans ke DPD PAN Kota Jambi agar adiknya, Zumi Laza, dicalonkan sebagai Wali Kota Jambi 2018. Apa kata DPP PAN?

"Saya sendiri belum baca. Jadi beri saya waktu untuk mempelajari permasalahannya karena saya sendiri baru dengar. Kalau itu benar, tentu itu akan dapat perhatian dari DPP PAN karena bagaimanapun organisasi sekecil apa pun di daerah pasti menjadi bagian yang integral dengan DPP PAN. Tentu ke depan akan kami tinjau," ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno di kantornya, Jl Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018) malam.


DPP PAN belum bisa berandai-andai soal dakwaan yang dibeberkan jaksa KPK kepada Zumi. PAN masih mempelajarinya.

"Ya, makanya saya juga nggak tahu. Kalaupun saya menjawab, saya akan asumtif sifatnya. Jadi tunggu dulu sampai saya mempelajari itu," kata Eddy.


Sebelumnya, Zumi disebut memberikan Rp 274 juta untuk membeli dua ambulans untuk DPD PAN Kota Jambi. Tidak hanya itu, Zumi kembali memberikan uang yang berasal dari gratifikasi untuk kepentingan adiknya. Dari urusan kampanye hingga biaya sewa kantor DPD PAN Kota Jambi disebut jaksa berasal dari kantong Zumi, yang bersumber dari gratifikasi.

"Uang sejumlah Rp 274 juta untuk biaya pembelian dua ambulans pada Maret 2016 yang akan dihibahkan terdakwa dan adiknya, Zumi Laza, kepada DPD PAN Kota Jambi agar Zumi Laza dapat menjadi Ketua DPD PAN Kota Jambi dan dicalonkan sebagai Wali Kota Jambi 2018," kata jaksa KPK Rini Triningsih saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (23/8).



Tonton juga video: 'Zumi Zola Didakwa Terima Suap Rp 44 M dan Alphard'

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed