DetikNews
Kamis 23 Agustus 2018, 13:05 WIB

Polisi Kembali Tangkap 1 Orang Terkait Kebakaran Hutan di Kalbar

Mei Amelia R - detikNews
Polisi Kembali Tangkap 1 Orang Terkait Kebakaran Hutan di Kalbar Foto: Pentak Lanud Supadio
Pontianak - Polisi kembali menangkap 1 orang pelaku terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Barat, setelah sebelumnya 5 orang ditangkap. Dengan demikian, total tersangka saat ini menjadi 6 orang.

"Tersangka Surai (49) ditangkap pada Selasa (21/8) sekitar pukul 23.00 WIB di Jalan Parit Sarem, Desa Punggur, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya," ujar Direktur Reskrimum Polda Kalbar Kombes Arief Rachman dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (23/8/2018).

Arief mengatakan, Surai sebelumnya membuka lahan seluas 50x500 meter miliknya untuk bercocok tanam dengan cara dibakar. Dia kemudian menyuruh sejumlah saksi untuk menebas rumput di lahan miliknya itu.

"Dia memberi ongkos kepada saksi Rp 50 ribu selama 4 hari," ucapnya.


Setelah rumput dan ilalang selesai ditebas, pada Rabu 15 Agustus 2018 sekitar pukul 15.00 WIB, Surai membakar rumput tersebut. Dia meminjam korek api kepada saksi bernama Liban dan menyuruh sejumlah saksi untuk menjaga pembakaran agar api tidak merembet ke lahan milik orang lain.

"Namun api semakin membesar dan tidak bisa dikendalikan, sehingga api merambat ke lahan kosong milik Saheng, Antok, Nandong," ungkapnya.

Tidak hanya itu, api juga semakin meluas hingga membakar lahan seluas 5 hektar yang di atasnya terdapat tanaman sawit milik Sunarna. Akibat peristiwa ini, Sunarna mengalami kerugian Rp 1,5 miliar.

Atas kejadian ini, Surai dijerat dengan Pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) huruf h UU nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan atau pasal 187 KUHP. Polis menyita sejumlah barang bukti di antaranya parang, korek api, sekop, ember dan pohon sawit.


(mei/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed