detikNews
Kamis 23 Agustus 2018, 01:08 WIB

Kapolda Kalbar: Jika Ada Orang Bakar Lahan Laporkan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kapolda Kalbar: Jika Ada Orang Bakar Lahan Laporkan Kapolda Kalimantan Barat Irjen Didi Haryono ikut memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Kubu Raya (Foto: Dok. Polda Kalbar)
Jakarta - Kapolda Kalimantan Barat Irjen Didi Haryono ikut memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Kubu Raya. Di daerah tersebut ada lahan yang terbakar seluas 20 hektare.

Dia berharap masyarakat melaporkan dan mendokumentasikan orang yang melakukan pembakaran lahan. Sebab hal itu berguna bagi aparat untuk melakukan penindakan.

"Bila perlu viralkan! Biar menjadi petunjuk bagi petugas dalam melakukan penindakan," kata Didi lewat keterangan tertulisnya, Rabu (22/8/2018).


Kapolda Kalbar meminta masyarakat untuk melapor ke aparat jika mengetahui ada orang yang membakar lahanKapolda Kalbar meminta masyarakat untuk melapor ke aparat jika mengetahui ada orang yang membakar lahan (Foto: Dok. Polda Kalbar)

Dia mengingatkan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menurutnya, sumber api yang kecil bisa berdampak pada kebakaran besar. Dia juga meminta masyarakat untuk tak membakar lahan, hutan, dan pekarangan.

Didi juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk saling bahu-membahu memadamkan kebakaran. Kerja sama antara masyarakat dan petugas berguna bagi pencegahan karhutla.

"Mengajak masyarakat lebih peduli dan lebih sensitif agar membantu petugas untuk memadamkan lahan-lahan yang terbakar di sekitar lingkungannya," ujar Didi.


Dia juga meminta masyarakat untuk tak membakar lahan dan ikut berperan dalam pemadaman kebakaran lahanDia juga meminta masyarakat untuk tak membakar lahan dan ikut berperan dalam pemadaman kebakaran lahan (Foto: Dok. Polda Kalbar)

Pada Rabu (22/8), Didi bersama anggotanya berupaya memadamkan api di Sungai Raya Dalam Ujung, tepatnya di belakang kompleks Korpri. Pemadaman yang dilakukan sejak pagi itu belum selesai hingga sore. Petugas juga melakukan pemadaman di Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

"Saat ini petugas bergerak juga ke Jalan Purnama, tepatnya di belakang Fakultas Ekonomi Universtias Tanjungpura Pontianak," ucap dia.

"Perlu kesabaran walau dihadapkan dalam kegiatan pemadaman di sana sini dan jaga keselamatan dari api di lahan gambut yang tidak kelihatan," sambung Didi.



Tonton juga video: 'Butuh Water Bombing untuk Padamkan Kebakaran di Kalbar'

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed