DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 07:37 WIB

NasDem DKI Soal Pergub Membaca: Bukan Produk Baru

Aditya Mardiastuti - detikNews
NasDem DKI Soal Pergub Membaca: Bukan Produk Baru Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus (Foto: dok.detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Pergub Pembudayaan Membaca agar warga gemar membaca. Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus menyebut Pergub tersebut bukan produk baru.

"Saya kira bahwa pada waktu membahas Perda Perpustakaan itu sudah dikluster setiap sekolah ada perpustakaan. Kemudian kita mengusulkan di mal-mal ada pojok-pojok untuk baca memang benar, tapi ini bukan produk baru. Ini hanya mungkin pengimplementasian daripada Perda yang pernah diterbitkan," kata Bestari kepada wartawan, Selasa (21/8/2018).


Dalam Pergub tersebut, Anies meminta setiap perangkat daerah dan Badan Usaha Milik Daerah membuat pojok baca. Pengawasan Pergub dilakukan oleh perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan perpustakaan. Menurut Bestari, poin-poin tersebut juga sudah ada dalam Perda Nomor 2 tahun 2017 tentang Perpustakaan.

"Tahun lalu Perda itu kita selesaikan dan di dalamnya ada bahwa perpustakaan ada di setiap sekolah, mal-mal itu diadakan. Pergub ini saya nggak tahu apakah ini petunjuk pelaksanaan dari perda atau pergub baru, saya belum saya cek," terangnya.

"Kalau ini petunjuk pelaksanaan saya kira ini penegasan saja itu BUMD DKI itu diwajibkan, itu sudah ada di Perda semua kewajiban itu," sambung Bestari.


Dia pun mempertanyakan latar belakang pembuatan Pergub tersebut. Sebab, menurutnya penerbitan Perda Perpustakaan juga ditujukan sebagai media literasi anak gemar membaca.

"UU itu pelaksanannya dengan perpres atau keputusan presiden. Tapi kalau misalnya perda ini ada dua hal ini bakal saya tanya petunjuk pelaksanaan, atau ini Pergub seakan-akan Perda belum ada. Nanti saya tanya ke kadis perpustakaan, karena kita mewajibkan ini tujuannya untuk mendidik anak supaya gemar membaca," ucap Bestari.
(ams/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed