DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 17:24 WIB

KPU: Visi dan Misi Capres-Cawapres Bisa Diubah Sebelum Kampanye

Dwi Andayani - detikNews
KPU: Visi dan Misi Capres-Cawapres Bisa Diubah Sebelum Kampanye Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pasangan bakal capres-cawapres, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah menuliskan visi-misi mereka saat pendaftaran. KPU mengatakan visi-misi tersebut masih dapat diubah sebelum kampanye.

"Pada waktu mendaftar itu sudah disampaikan, dan masih sangat mungkin kalau ada perubahan-perubahan visi misi tersebut," ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018).

Hasyim mengatakan visi misi merupakan salah satu syarat dokumen pendaftaran. Sehingga bila syarat terpenuhi, paslon dinyatakan memenuhi syarat.



"Pada prinsipnya visi misi yang sudah dijadikan syarat sebagai dokumen pendaftaran pasangan kalau sudah terpenuhi, sudah memenuhi syarat," kata Hasyim.

Namun Hasyim mengatakan saat ini KPU masih memperbolehkan bila terdapat visi misi yang akan diganti. Nantinya waktu pergantian ini akan diberikan hingga sebelum memasuki masa kampanye yaitu pada tanggal 23 September 2018.

"Masih diberikan ruang kalau misalkan ada perbaikan-perbaikan itu sebelum nanti memasuki tahapan kampanye," kata Hasyim.



"Tanggal 23 September mulai kampanye sebisa mungkin sebelum hari itu. Sebelum tanggal 23, dokumen visi misi yang relatif mutakhir, yang dipandang lengkap masing-masing pasangan calon itu yang kami harapkan disampaikan kepada KPU," sambungnya.

Hasyim mengatakan visi misi merupakan salah satu materi dalam kampanye. Sehingga KPU perlu mendapatkan visi misi tersebut sebelum disampaikan kepada masyarakat.

"Krena salah satu materi yang disampaikan dalam kampanye adalah visi misi program pasangan calon. Sehingga sebelum nanti dipublikasikan kepada KPU kita berharap sudah difinalisasi," kata Hasyim.
(dwia/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed