SBY Disomasi, PD Tunjukkan Ijazah Anton Sukartono yang Disebut Palsu

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 20 Agu 2018 17:28 WIB
Foto: Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menunjukkan berkas-berkas ijazah Anton Sukartono Suratto. (Gibran-detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) menegaskan bakal caleg mereka, yaitu Anton Sukartono Suratto asli, bukan palsu seperti yang dituduhkan sekelompok orang. PD menunjukkan berkas-berkas ijazah Anton.

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon bertemu langsung dengan Anton Sukartono di ruang Fraksi PD DPR untuk mengonfirmasi tuduhan ijazah palsu. Dari hasil pertemuan, Jansen menegaskan kalau ijazah Anton semuanya asli.

"Dari dokumen ijazah asli yang diperlihatkan kepada saya langsung, pada 18 Mei 1997, Anton memang benar lulus dari Dowling College, New York (USA) jurusan Marketing dengan gelar Bachelor of Bussines Administration (BBA)," jelas Jansen, Senin (20/8/2018).


Jansen menyebut ijazah Anton telah melalui proses Penetapan Hasil Penilaian Ijazah Pendidikan Tinggi Lulusan Luar Negeri oleh Dirjen Dikti. Proses tersebut dibuktikan melalui surat Dirjen Dikti dengan nomor 1827/Dikti/IJLN/2009.

Tuduhan kalau ijazah Anton palsu dilontarkan Forum Silaturahmi Alumni (FSA) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Generasi. Jansen menegaskan tuduhan tersebut tak dapat dibuktikan.

"Jadi berdasar surat Dikti ini, gelar BBA sah untuk dipakai oleh Anton di belakang namanya. Jadi tidak benar tuduhan Adel Setiawan dari Forum Lintas Generasi HMI yang menyatakan entah dari mana gelar BBA ini didapatkan oleh Anton. Sudah jelas berdasarkan bukti bukti diatas Anton mendapatkan gelar BBA Marketingnya dari Dowling College," ucap Jansen.


Jansen menjelaskan, pada 2013, Anton juga telah menyelesaikan Program Magister Ilmu Adminstrasi dari Universitas Krisnadwipayana dengan gelar Magisters Sains (M.Si).

"Itulah dasar dia memakai gelar M.Si di belakang namanya," ucap Jansen.

SBY Disomasi, PD Tunjukkan Ijazah Anton Sukartono yang Disebut PalsuFoto: Partai Demokrat (PD) menunjukkan berkas-berkas ijazah Anton Sukartono Suratto. (Gibran-detikcom)

Berdasarkan seluruh fakta yang ditemuinya, Jansen menyimpulkan gelar dan ijazah Anton sama sekali tidak bermasalah. Ijazah-ijazah tersebut ditegaskan Jansen telah mendapat legalisir.

"Dan kesemua ijazah tersebut juga telah dilegalisir dan secara resmi telah didaftarkan oleh Partai Demokrat ke KPU pusat untuk memenuhi persyaratan pencalegan Anton Suratto. Dan kesemuanya telah dinyatakan KPU Memenuhi Syarat (MS)," ungkap Jansen yang merupakan bacaleg dapil Sumut III itu.

SBY Disomasi, PD Tunjukkan Ijazah Anton Sukartono yang Disebut PalsuFoto: Partai Demokrat (PD) menunjukkan berkas-berkas ijazah Anton Sukartono Suratto. (Gibran-detikcom)

Jansen mengistilahkan apa yang sedang dialami Anton sebagai 'politik bawang'. Apa maksudnya?

"Semakin Anton ini dikupas, semakin terlihat jelas sekolahnya putih dan mengkilap karena memang rekam jejak sekolahnya benar lulus dari luar negeri. Tidak salah kemudian dengan kualitasnya ini Anton telah 2 periode dipercaya masyarakat di dapil Jabar V (Kabupaten Bogor) untuk menjadi wakilnya di DPR RI," ucap Jansen sembari menyertakan foto bukti ijazah Anton. (gbr/idh)