detikNews
Senin 20 Agustus 2018, 11:40 WIB

Wakapolri soal Karhutla di Kalbar: Kami Tindak Tegas Pelaku

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Wakapolri soal Karhutla di Kalbar: Kami Tindak Tegas Pelaku Kabareskrim Komjen Ari Dono (Haris/detikcom)
Jakarta - Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan sudah ada beberapa pelaku yang sudah ditangkap terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Barat (Kalbar). Ari Dono mengatakan para pelaku akan ditindak tegas.

"Ada beberapa yang sudah ditangkap (pelaku), kami tindak tegas, proses hukum," kata Ari Dono kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2018).
Ari Dono mengatakan potensi terjadinya Karhutla lebih disebabkan oleh faktor manusia.

"Jadi Karhutla itu memang potensi kejadian 90 persen itu karena manusia karena alamnya relatif sedikit, apalagi sekarang kan kemaraunya tidak terlalu keras," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Karhutla di Kalbar terus meluas. Pangkalan Udara (Lanud) Supadio melakukan water bombing untuk memadamkan api.
"Ada empat heli yang disiagakan untuk melakukan water bombing di lokasi kebakaran saat ini," kata Komandan Lanud Supadio Marsekal Pertama (Marmas) TNI Minggit Tribowo kepada detikcom.

Petugas terus memantau udara. Selain itu, kebakaran lahan saat ini sudah menimbulkan bencana asap di Kalbar. Tidak hanya itu, asap juga berimbas pada penerbangan sipil dan militer.


Tonton juga video: 'Kebakaran Hutan Melanda Oregon'

[Gambas:Video 20detik]


(knv/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com