DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 03:37 WIB

HUT ke-73 RI di Vatikan dan Austria Diselipi Doa untuk Lombok

Arief Ikhsanudin - detikNews
HUT ke-73 RI di Vatikan dan Austria Diselipi Doa untuk Lombok Perayaan HUT ke 73 RI di Vatikan. (Dok. KBRI Vatikan)
Jakarta - Perayaan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia (HUT ke-73 RI), turut diperingati KBRI Vatikan. Tak hanya perayaan, ada doa bersama untuk korban gempa bumi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan keterangan KBRI Vatikan, Sabtu (18/8/2018), upacara dilaksanakan di halaman KBRI Vatikan dan dihadiri sekitar 300 warga Indonesia di Italia. Mereka berasal dari berbagai latar belakang kesukuan dan agama yang berbeda.

Inspektur upacara dalam kesempatan itu adalah Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan, Antonius Agus Sriyono. Hadir pula Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani.

"Dalam sambutannya, Agus Sriyono mengajak seluruh peserta untuk mendoakan saudara sebangsa yang terkena musibah gempa bumi di Lombok," bunyi keterangan tertulis KBRI Vatikan.


Para biarawati suster katolik Indonesia yang sedang bertugas di Italia menjadi pengibar bendera. Selian itu, lagu-lagu perjuangan dan cinta Tanah Air juga dibawakan oleh koor dari suster-suster kongergasi Katakese Bunda Hati Kudus, Roma.

Ucapan doa untuk Lombok pun dipanjatkan dalam upacara di KBRI Wina di Austria. Duta Besar RI untuk Republik Austria dan Republik Slovenia, Darmansjah Djumala berharap proses rekonstruksi pascagempa segera selesai.

"Terkait solidaritas dan peduli antarsesama anak bangsa, Duta Besar RI juga mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama berdoa bagi masyarakat Indonesia di NTB yang tertimpa musibah gempa bumi, dengan harapan agar proses pemulihan dan rekonstruksi pascagempa dapat berjalan lancar," tulis KBRI Wina dalam keterangannya.
Perayaan HUT ke 73 RI di Wina, Austria.Perayaan HUT ke 73 RI di Wina, Austria. Foto: Dok KBRI WIna

Selain upacara, KBRI Wina mengadakan pemotongan nasi tumpeng. Potongan nasi tumpeng diberikan Darmansjah kepada WNI senior dan anggota Diaspora Indonesia senior.

"Potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Ibu Nurani Setiadipradja, seorang warga negara Indonesia yang telah berdiam lama di Austria dan Bapak Robert Dani, diaspora Indonesia pemilik usaha travel di kota Wina," tulis KBRI Wina.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed