HUT RI ke-73, Mendes Resmikan Perpustakaan Desa di Bengkulu

Akfa Nasrulhaq - detikNews
Jumat, 17 Agu 2018 19:36 WIB
Foto: Dok Kemendes
Bengkulu - Pemerintah terus berupaya meningkatkan pemerataan pembangunan desa, termasuk dalam hal pengembangan perpustakaan dan literasi. Bertepatan HUT RI ke-73, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meresmikan hasil dari alokasi dana desa dalam bentuk perpustakaan.

"Memang peruntukan dana desa seharusnya membangun ruang baca seperti perpustakaan desa ini. Mohon untuk dijaga yang baik, dipelihara yang baik supaya bisa terus digunakan masyarakat dari generasi ke generasi. Saya bangga dengan beberapa pembangunan yang telah dilakukan di desa ini," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo saat meresmikan bangunan perpustakaan Desa Bukit Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu, Jumat (17/8/2018).


Setelah peresmian gedung perpustakaan tersebut, Eko langsung meninjau ke dalam bangunan tersebut untuk melihat komponen buku yang terdapat di dalamnya. Eko tampak sangat senang dengan digunakannya hasil dana desa tersebut telah berhasil terserap dengan semakin baik.

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Peninjauan II, Tatik Winarti mengungkapkan kegembiraannya setelah desanya mendapat kesempatan didatangi Mendes Eko.

"Alhamdulillah sekali dengan kedatangan pak menteri, tentunya kami sangat beruntung baik itu dalam ilmu pengetahuan dengan buku-buku yang udah dibantu dan ini adalah sebagai motivasi kami untuk memajukan desa dalam perpustakaan, yaitu perpustakaan lestari," ujar Tatik.


Dalam kesempatan itu pihak perpustakaan pun juga diberi kesempatan untuk menyebutkan kekurangan apa saja yang bisa dibantu lagi oleh pihak Kemendes. Dan akhirnya mereka meminta agar diadakannya akses internet di dalam perpustakaan, yang selanjutnya disetujui oleh Kemendes.

"Juga ada informasi baru, setelah kedatangan pak menteri perpustakaan kita katanya akan ada tambahan bantuan pengadaan internet untuk perpustakaan desa kami ini," tambahnya. (ega/ega)