DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 17:09 WIB

PDIP: Kurang Etis Zulkifli Kritik Jokowi di Sidang MPR

Andhika Prasetia - detikNews
PDIP: Kurang Etis Zulkifli Kritik Jokowi di Sidang MPR Aria Bima (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan melayangkan kritik ke pemerintah dalam pidato yang juga dihadiri oleh Presiden Jokowi. Politikus PDIP Aria Bima menilai pidato Zulkifli kurang pas.

"Saya kira kurang pada tempatnya Pak Zulkifli menyampaikan hal-hal fungsi sebagai legislatif atau bukan sebagai pimpinan MPR," kata Aria saat ditemui setelah menghadiri pembacaan nota keuangan pemerintah di gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).



Menurut Aria, yang juga anggota DPR, Zulkifli punya hak mengkritik pemerintah sebagai anggota DPR. Namun ketika di posisi Ketua MPR, menurut Aria, itu kurang tepat.

"Konteks kehadiran Pak Presiden bukan kepala pemerintahan, tapi kepala negara," ujar Aria.

Aria lalu mengaitkan posisi Zulkifli sebagai Ketum PAN yang akhirnya memilih jadi rival Jokowi untuk Pilpres 2019. Bagi Aria, ada bias antara peran Zulkifli sebagai Ketua MPR dan sebagai oposan.



"Padahal yang harus terjadi politik kenegarawanan antara beliau sebagai Ketua MPR, bukan sebagai Ketua PAN yang mengusung Pak Prabowo dan Pak Sandiaga Uno. Saya kira terjadi kurang tepat atau kurang etis yang disampaikan Pak Zul, termasuk ada kata 'emak-emak' yang merupakan suatu idiom yang dipakai Pak Sandi," tutur Aria.



Tonton juga video: 'Jokowi Baca Pepatah Daerah, Cak Imin Senyum-senyum'

[Gambas:Video 20detik]


(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed