DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 13:54 WIB

Koalisi Pejalan Kaki Apresiasi Pemindahan Halte Grab dari Trotoar fX

Mei Amelia R - detikNews
Koalisi Pejalan Kaki Apresiasi Pemindahan Halte Grab dari Trotoar fX Foto: Kanavino/detikcom
Jakarta - Halte Grab yang berada di atas trotoar di depan Mal fX Sudirman, telah dipindahkan. Koalisi Pejalan Kaki pun mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang mendengarkan keluhan para pejalan kaki.

Koordinator Koalisi Pejalan Kaki Alfred mengatakan, halte Grab itu dipindahkan oleh pihak Pemprov DKI Jakarta pada Rabu (15/8/2018) malam, setelah pihaknya melayangkan protes keras.

"Kita lihat ada inisiatif baik dari Pemprov DKI untuk mendorong itu dan dipindahkannya ke mana kita tidak tahu, yang penting sudah tidak di trotoar lagi dan kami mengapresiasi itu," kata Alfred saat dihubungi detikcom, Kamis (16/8/2018).

Halte berbentuk helm raksasa di lokasi tersebut merupakan bentuk sponsorship Grab dalam penyelenggaraan Asian Games. Alfred mengatakan, pihaknya juga bukan tidak mendukung terselenggaranya Asian Games 2018 ini.

"Oke kita dukung Asian Games, tapi tidak perlu melabrak peraturan yang ada," imbuhnya.


Alfred menjawab nyinyiran sejumlah pihak yang meminta pejalan kaki untuk memaklumi 'alih fungsi' trotoar yang digunakan untuk halte dalam rangka penyelenggaraan Asian Games.

"Kami memaklumi ada perhelatan Asian Games, tapi aturannya nggak ada. Kan ada yang bilang 'maklum saja, cuma sementara', tapi ada tidak aturannya boleh digunakan untuk sementara waktu," tuturnya.

Alfred meminnta agar hal ini menjadi pembelajaran ke depan. Diharapkan, Pemprov DKI memperhatikan fasilitas pejalan kaki, terutama para penyandang disabilitas.

"Ini perlu jadi edukasi agar aturan seperti itu tidak ditawar-tawar," katanya.



Tonton juga video: 'Ragam Aksi Menuntut Hak Pejalan Kaki'

[Gambas:Video 20detik]


(mei/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed