DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 11:36 WIB

Kursi Wakapolri Masih Kosong, Belum Ada Kandidat Pengganti

Audrey Santoso - detikNews
Kursi Wakapolri Masih Kosong, Belum Ada Kandidat Pengganti Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal (Foto: dok Istimewa)
Jakarta - Kursi Wakapolri masih kosong sepeninggalan Komjen (Purn) Syafruddin yang telah menjabat sebagai Menteri PAN-RB. Polri mengatakan pembahasan siapa sosok pengganti Syafruddin belum final baik di internal Polri maupun di Istana.

"Jabatan wakapolri sekarang ini sedang dikonsultasikan kepada Presiden (Joko Widodo) oleh Pak Kapolri (Jenderal Tito Karnavian). Jabatan tersebut adalah hak prerogatif kapolri walaupun harus ada konsultasi baik secara internal maupun ke Istana. Dan sampai saat ini belum final," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).


Iqbal menegaskan belum ada sosok yang menguat sebagai Wakapolri. Kabar yang merebak mengenai Irjen Idham Azis akan menjadi penggantinya pun, kata Iqbal, sekadar isu yang bergulir.

"Belum ada (nama kandidat Wakapolri), tidak ada secara resmi. Yang bergulir hanya isu. Tentunya siapapun yang akan ditunjuk pasti ada efeknya, ada yang mengisi siapapun yang diamanahkan atau ditunjuk Pak Kapolri," ujar Iqbal.

"Belum ada nama, sampai detik ini belum . Tapi yang jelas perwira tinggi karena perwira tinggu tak lagi mengenal sistem mekanisme harus berapa lama menjabat, harus berapa lama kepangkatan. Kalau pamen (perwira menengah) dari kompol sampe kombes harus ada tatarannya, itu ada mekanisme," sambung Iqbal.

Jabatan Wakapolri kosong setelah Komjen (Purn) Syafruddin ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri PAN-RB, menggantikan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur.


Informasi di eksternal Polri, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mendapat promosi menjadi Wakapolri. "Wakapolri (akan dijabat) Idham," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (15/8).

Sementara jabatan Kapolda Metro akan diisi Dankor Brimob Irjen Rudy Sufahriadi. Seakan menjawab isu itu, beredar video Rudy yang mengaku dirinya akan menggantikan Idham sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Buat semua rekan-rekan anggota di Polda Metro Jaya dengan ditunjuknya saya sebagai Kapolda Metro Jaya. Saya berharap kita semua dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja memelihara kamtibmas Polda Metro Jaya," kata Rudy dalam video seperti dilihat detikcom.


Simak Juga 'Depan Jokowi, Polri Klaim Sukses Tingkatkan Kepercayaan Publik':

[Gambas:Video 20detik]


(aud/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed