DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 20:05 WIB

Romahurmuziy: Jokowi Tak Terintimidasi saat Pilih Cawapres

Niken Purnamasari - detikNews
Romahurmuziy: Jokowi Tak Terintimidasi saat Pilih Cawapres Ketum PPP Romahurmuziy dan Presiden Jokowi (Foto: dok. PPP)
Jakarta - Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Rommy) menegaskan tidak ada paksaan atau intimidasi terhadap Joko Widodo (Jokowi) untuk mengambil keputusan cawapres. Ketum parpol koalisi menghormati keputusan Jokowi, termasuk soal gagalnya Mahfud Md menjadi cawapres Jokowi.

Rommy menjawab soal buka-bukaan Mahfud Md di program 'Indonesia Lawyers Club' yang ditayangkan tvOne. Mahfud menyebut Ketua Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj punya peran menghambatnya jadi cawapres.



"Presiden dalam posisi menegaskan beliau tidak ada perasaan terintimidasi oleh siapa pun, tidak dalam perasaan tertekan siapa pun dalam proses pengambilan keputusan tentang calon wakil presiden. Karena pada tanggal 23 Juli, ketika para ketum rapat, Ibu Mega menegaskan kepada seluruh ketum bahwa UUD meletakkan wakil presiden itu sebagai pembantu presiden. Karena dia pembantu presiden, hak prerogatif tentang pemilihan siapa wakil presiden itu sepenuhnya ada di tangan presiden dan kami para ketum menghormati," ujar Rommy di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (15/8/2018).



Meski Mahfud gagal menjadi cawapres, Rommy berharap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu bisa masuk ke tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Prinsipnya, tentu kami mengharapkan Pak Mahfud dalam posisi strategis dalam pemenangan Pak Jokowi. Apakah berada di dalam atau di luar tim, nanti akan dibicarakan lagi. Di mana beliau nyamanlah. Kira-kira beliau menerima tawaran itu. Karena baru lewat telepon, belum bisa saya sampaikan lebih jauh ya," sambung Rommy.

Rommy mengatakan blak-blakan Mahfud Md tersebut tidak berpengaruh terhadap dukungan ke Jokowi-Ma'ruf Amin. Mahfud telah berkomunikasi dengan Rommy untuk sama-sama memberikan klarifikasi.
(nkn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed