DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 19:32 WIB

Moeldoko Ungkap Alasan Jokowi Pilih Syafruddin Jadi MenPAN-RB

Niken Purnamasari - detikNews
Moeldoko Ungkap Alasan Jokowi Pilih Syafruddin Jadi MenPAN-RB Menteri PAN-RB Syafruddin (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik mantan Wakapolri Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB). Alasan Syafruddin dipilih sebagai MenPAN-RB, itu merupakan bagian dari manajemen sumber daya manusia.

"Ya, kalau kita mengenal adanya talent scouting, bagaimana manajemen SDM dijalankan. Saya pikir pertimbangan-pertimbangan dari sisi integritas, kapasitas, yang bersangkutan pasti juga dihitung nantinya. Pertimbangannya seperti itu," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di halaman Istana Negara, Rabu (15/8/2018).


Moeldoko membantah alasan Jokowi memilih Syafruddin bernilai politis. Menurutnya, Syafruddin memiliki kapabilitas dan rekam jejak prestasi yang baik untuk menempati posisi sebagai MenPAN-RB.

"Karena adanya talent scouting yang telah terbangun di sebuah organisasi mudah sekali mengenali orang atas prestasinya, kapasitas yang bersangkutan, semuanya tercatat dengan baik. Maka dari itu, Presiden perlu membuat talent management strategic agar nanti apa? Dalam keadaan-keadaan seperti ini, kita bisa punya resources. Mengenali maping people by people-nya sangat clear. Oh mau dirjen, tinggal diambil," jelas Moeldoko.


Setelah dilantik sebagai MenPAN-RB, Syafruddin, yang sebelumnya berpangkat komisaris jenderal di kepolisian, kini telah menjadi sipil.

"Saya sudah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri kepada Kapolri. Saya sekarang sudah dilantik menjadi sipil," ujar Syafruddin seusai pelantikan di Istana Negara, Rabu (15/8).
(nkn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed