DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 13:18 WIB

Anies Sebut 'Bambu' di Bundaran HI Bukan Bentuk Sindiran

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Sebut Bambu di Bundaran HI Bukan Bentuk Sindiran Karya seni instalasi bambu di Bundaran HI (Foto: Facebook Anies Baswedan)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut karya seni instalasi bambu di Bundaran HI bukanlah sebagai bentuk sindiran. Menurutnya, perkenalannya dengan sang seniman yang membuat karya seni itu sudah terjalin lama.

"Ini bukan (sindiran)," kata Anies usai meresmikan RSUD di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (15/8/2018).


Joko Afianto yang membikin instalasi bambu itu dikenal Anies sejak 2015 di Frankfurt, Jerman. Anies pun kagum dengan hasil karya tersebut.

"Anda bisa tunjukin foto saya sama dia, saya dengan Pak Joko tahun 2015 di Frankfurt malah kita pamerkan di sana. Saya selalu menghargai, menghormati material-material yang dibuat dari tangan-tangan orang Indonesia," kata Anies.

Anies mengatakan rumahnya pun banyak dihiasi ornamen bertema tradisional. Melalui instalasi bambu, menurut Anies, akan menumbuhkan kecintaan warga terhadap karya seni Indonesia.

"Jadi saya mengharapkan menumbuhkan kesadaran bahwa di Indonesia ini kaya dengan material-material yang luar biasa," kata Anies.


"Kalau bentuk gitu bambunya masih muda. Nanti lama-lama akan berubah warna menjadi keemas-emasan. Nanti kalau sudah keemas-emasan warnanya juga akan lain. Itu juga menunjukkan sebuah karya itu tidak statis, warna bergerak terus, bagus sekali," imbuh Anies.

Persoalan bambu memang pernah menyentil Anies ketika ada bendera peserta Asian Games 2018 yang dipasang menggunakan tiang bambu. Saat itu, Anies mendapat kritik, tetapi penggunaan bambu itu disebutnya sebagai wujud keterlibatan warga.
(fdu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed