DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 11:41 WIB

Ketua MA Lantik Kakak Ganjar Pranowo Jadi Hakim Agung

Nur Azizah - detikNews
Ketua MA Lantik Kakak Ganjar Pranowo Jadi Hakim Agung Suasana pelantikan Hakim Agung Foto: Nur Azizah/detikcom
Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali pagi ini melantik dan mengambil sumpah 2 orang hakim agung. Keduanya yakni Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh, yang merupakan kakak dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pelantikan digelar di ruang Prof Dr Kusumah Atmadja, lantai 14, Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018). Di lokasi hadir Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan juga Ganjar Pranowo.

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai hakim agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.


Pelantikan dan pengambilan sumpah ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Jokowi Nomor: 132/P Tahun 2018 tanggal 7 Agustus 2018. Abdul Manaf dilantik sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama sedangkan Pri Pambudi Teguh sebagai Hakim Agung pada Kamar Perdata.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai hakim agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," demikian sumpah jabatan yang diucapkan Abdul Manaf dan Pri Pambudi.


Nama Abdul Manaf dan Pri Pambudi sebelumnya diajukan oleh Komisi Yudisial (KY) ke Komisi III DPR RI untuk mengikuti fit and proper test. Selanjutnya setelah mengikuti fit and proper test, melalui surat keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Nomor: 7/DPRRI/V/2017-2018 tanggal 26 Juli 2018 DPR memutuskan Abdul Manaf lolos sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh lolos pada Kamar Perdata.

Abdul Manaf sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya sedangkan Pri Pambudi sebelumnya menjabat sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Semarang.


Simak Juga 'Ini Alasan MA Belum Tunjuk Pengganti Hakim Artidjo':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed