DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 15:18 WIB

Laporan Dari Mekah

Di Tanah Air Sehat, Mengapa Banyak Jemaah Terserang Kardiovaskular?

Fajar Pratama - detikNews
Di Tanah Air Sehat, Mengapa Banyak Jemaah Terserang Kardiovaskular? Foto: Fajar Pratama/detikcom
Mekah - Dari sebagian besar jemaah haji Indonesia yang dibawa ke rumah sakit di Arab Saudi kebanyakan terserang Kardiovaskular. Padahal jemaah-jemaah ini dinyatakan sehat ketika di Tanah Air. Ini penyebabnya.

Pertanyaan tersebut terlontar dalam pertemuan Menag Lukman Hakim Saifuddin saat mengadakan rapat dengan tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).


"Untuk pasien kardiovaskular yang sejak di Tanah Air mereka tidak memiliki persoalan, itu lalu di sini memiliki persoalan itu kenapa?" tanya Lukman yang juga merupakan amirul hajj Indonesia ini di kantor KKHI, Aziziyah Janubiyah, Selasa (14/8/2018).

Dokter spesialis jantung KKHI Mekah dr. Rizki Akbar, SpJP kemudian menjawab. Kardiovaskuler, kata Rizki, dipicu oleh faktor kelelahan fisik.

"Mengenai kardiovaskular yang berkaitan dengan jantung itu penyebabnya adalah aktivitas fisik kelelahan itu. Jemaah haji lelah saat di sini sehingga muncul persoalan itu," ujar Rizki.


Persoalan kelelahan ini, lanjut Rizki, dicegah dengan cara beristirahat. Perlu ada kesadaran dari jemaah untuk tidak memaksakan beraktivitas berat saat berada di Tanah Suci.

Hal tersebut berbeda dengan persoalan yang timbul akibat cuaca yang relatif lebih bisa 'diakali'.

"Kalau cuaca kami sudah menganjurkan makanan dan minuman yang cukup dan juga alat pelindung diri. Itu bisa membantu," tutur Rizki.

Per hari ini, ada 124 jemaah haji Indonesia yang dirawat di rumah sakit-rumah sakit yang ada di sekitaran Mekah. Mayoritas jemaah terkena gangguan kardiovaskular atau gangguan pada jantung, pembuluh darah dan lain-lainya.

"Terbanyak kardiovaskular. Untuk yang kardiovaskular memang langsung kami rujuk ke rumah sakit Arab Saudi," tutur Kepala KKHI Mekah Nirwan Satria.



Tonton juga video: 'Sidak ke Pondok Jemaah Haji, Menag: Sama Sekali Tak Ada Keluhan'

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed