DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 13:55 WIB

Dipuji Istana, Asman Abnur: Saya Tak Mau Jadi Beban Jokowi

Elza Astari Retaduari - detikNews
Dipuji Istana, Asman Abnur: Saya Tak Mau Jadi Beban Jokowi Asman Abnur (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - MenPAN-RB Asman Abnur meminta diperkenankan mundur dari Kabinet Kerja. Ia tak mau menjadi beban bagi Presiden Joko Widodo karena partainya, PAN, memutuskan mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Saya tidak mau menjadi beban, kepada Pak Presiden terutama," ujar Asman dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (14/8/2018).

Meski akan dicopot dari jabatannya, Asman dianggap berkinerja bagus selama menjadi MenPAN-RB. Dia berharap siapa pun penggantinya nanti bisa meneruskan apa yang telah ia capai selama ini.


"Saya kan selama ini penerima amanah, jadi harus jaga amanah itu dengan kerja. Tentu harus maksimumkan. Mudah-mudahan apa yang saya buat jadi MenPAN itu bermanfaat untuk pemerintahan, tinggal nanti yang sudah bagus dilanjutkan," ujarnya.

Asman kini menunggu keputusan Jokowi soal posisinya. Pagi tadi, ia mendatangi Mensesneg Pratikno untuk membahas posisinya yang kini serba tidak enak.

"Saya tunggu arahan dan keputusan Pak Presiden. Intinya, tadi saya ke Pak Pratik supaya diperkenankan kalau dibolehkan mundur supaya jangan jadi beban," kata Asman.


Seperti diketahui, pihak Istana melemparkan pujian atas kinerja Asman Abnur. Jokowi disebut puas terhadap pencapaian Asman selama menjabat MenPAN-RB.

"Pak Asman itu kinerjanya sangat, sangat bagus sekali. Sangat-sangat bagus. Dengan background pengusaha, entrepreneur, beliau malah bisa membuat bagaimana sistem kerja birokrasi itu lebih bisa melayani. Karena beliau melihatnya kan dari yang dilayani," kata Mensesneg Pratikno di gedung Setneg, Jakarta Pusat, Selasa (14/8).

"Jadi beliau bisa melakukan reformasi aparatur negara ini lebih bisa melayani. Artinya, Bapak Presiden juga sangat puas dengan kinerjanya Pak Asman Abnur. Sangat, sangat, sangat puas. Bukan hanya puas ya, tapi saya bisa katakan lagi sangat, sangat puas," imbuh mantan Rektor UGM itu.

Tonton juga video: 'MenPAN-RB Pengganti Yuddy Utamakan Penerapan E-Budgeting'

[Gambas:Video 20detik]


(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed