DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 11:40 WIB

Penutupan 7 Pintu Tol Saat Asian Games Batal, Jadinya Dibuka-Tutup

Mei Amelia R - detikNews
Penutupan 7 Pintu Tol Saat Asian Games Batal, Jadinya Dibuka-Tutup Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Wacana penutupan 7 pintu tol saat rombongan Asian Games melintas dibatalkan. Sebagai gantinya, akan diberlakukan sistem buka-tutup saat rombongan melintas di pintu tol.

"Hasil evaluasi untuk penutupan gerbang tol tidak perlu pakai waktu. Rombongan atlet, ofisial, media, medis, apabila lewat baru ditutup dan setelah lewat baru dibuka lagi," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (14/8/2018).

Yusuf mengatakan lamanya waktu buka-tutup disesuaikan dengan panjangnya rombongan yang melintas. "(Pintu tol ditutup) sampai kontingen lewat," imbuhnya.

Dibatalkannya penutupan 7 pintu tol di jam-jam tertentu itu mengingat, dari hasil evaluasi dan simulasi, tidak ada perbedaan waktu perjalanan kontingen yang signifikan. Pertimbangan lainnya adalah agar tidak menimbulkan kemacetan di jalur arteri.

"Hasil evaluasi dianggap tidak signifikan, sehingga tidak perlu dilakukan (penutupan pintu tol)," ucapnya.


Sementara itu, berkaitan dengan perluasan area ganjil-genap dan pembatasan jam operasional truk di ruas tol, belum ada perubahan.

"Ganjil-genap masih berlaku. Kalau pembatasan operasional truk sumbu 3 ke atas masih dikaji lagi oleh Dishub," lanjutnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta dan instansi terkait mengeluarkan kebijakan penutupan 7 pintu tol pada pukul 06.00-17.00 dan 12.00-21.00 WIB. Hal ini dilakukan agar rombongan atlet dan ofisial tidak mengalami hambatan selama perjalanan dari Wisma Atlet Kemayoran ke venue.

Dari hasil simulasi, baik dengan dilakukan penutupan pintu tol maupun dengan sistem buka-tutup, waktu perjalanan rombongan tidak jauh berbeda, yakni berkisar 30 menit.



Simak Juga 'Usai Evaluasi, 19 Pintu Tol yang Ditutup Berkurang Jadi 7':

[Gambas:Video 20detik]


(mei/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed