Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, PSI: Kami Dukung Penuh

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Kamis, 09 Agu 2018 22:06 WIB
Sekjen PSI Raja Juli Antoni (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Joko Widodo telah mendeklarasikan Ketum MUI KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres. PSI yang sebelumnya mendukung Mahfud Md sebagai cawapres menyatakan tetap mendukung Jokowi.

"Sejak awal PSI mendukung Pak Jokowi sebagai presiden untuk periode kedua. Sejak awal kami menyerahkan sepenuhnya keputusan siapa yang menjadi cawapres kepada bapak presiden," kata Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni, Kamis (9/8/2018).


Toni mengatakan aspirasi ini secara langsung maupun tidak langsung disampaikan kepada Jokowi. Namun, setelah Jokowi menggandeng Ma'ruf sebagai cawapres, Toni mengatakan PSI akan terus mendukung dan berusaha memenangkan keduanya di Pilpres 2019.

"Ketika Pak Presiden pada akhirnya memilih Kiai Ma'ruf, kami tentu saja mendukung secara penuh dan siap memenangkan pasangan Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf," ujar Toni.


Sebelumnya diberitakan, Mahfud Md sendiri mengaku kaget dengan keputusan Jokowi. Namun, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengaku tak kecewa. Menurutnya, hal dalam politik hal itu biasa dan yang paling penting ialah keselamatan negara.

"Menurut saya, itu biasa dalam politik. Itu tidak apa-apa, kita harus lebih utamakan keselamatan negara ini daripada sekadar nama Mahfud atau Ma'ruf Amin," kata Mahfud kepada wartawan, Kamis (9/8/2018). (jbr/tor)