detikNews
Rabu 08 Agustus 2018, 09:58 WIB

Sekda DKI Tegur Dinas Pariwisata Terkait JJ Rizal Jadi Tim Monas

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sekda DKI Tegur Dinas Pariwisata Terkait JJ Rizal Jadi Tim Monas Sekda DKI Saefullah (Fida/detikcom)
FOKUS BERITA: Tim Pertimbangan Monas
Jakarta - Sejarawan JJ Rizal membantah masuk menjadi anggota tim Pertimbangan Monas. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah telah menegur Plt Kepala Dinas Asiantoro, yang tidak melakukan proses administrasi dengan baik.

"Tadi saya tegur itu, kepala dinas undang rapat, diadministrasikan dengan baik. Daftar absensinya mana, undangan kedua absensinya mana. Kalau itu jadi bukti kalau yang bersangkutan sudah diundang tapi belum hadir karena kesibukan," kata Saefullah di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018).


Saefullah mengatakan nama JJ Rizal sudah masuk SK Gubernur. JJ Rizal akan dimintai pendapat mengenai kegiatan di Monas.

"Kecerdasan bersama itu jauh lebih baik dari kecerdasan sendiri. Kalau sendiri-sendiri jangan-jangan salah mengambil keputusan. Kalau tim bersama-sama memberikan masukan," ucap Saefullah.

Terkait dengan penolakan JJ Rizal, Saefullah mengaku belum tahu. Menurutnya, hal tersebut adalah sikap pribadi JJ Rizal.

"(Menolak) itu sikap individu," tuturnya.


Nama sejarawan JJ Rizal jadi perbincangan di media sosial setelah namanya masuk tim pertimbangan Monas yang dibentuk Gubernur Anies Baswedan. Namun Rizal membantah masuk tim tersebut.

Rizal mengatakan dirinya tidak menerima surat apa pun dari pihak Pemprov DKI Jakarta terkait pengangkatannya sebagai anggota tim pertimbangan Monas. Dia pun kebingungan.

"Saya nggak pernah terima sepotong surat pun yang menyatakan pengangkatan diri saya sebagai Dewan Pertimbangan Monas. Bahkan saya tidak pernah diajak bicara soal pembentukan dewan itu dan apa tujuannya. Sebab itu, bingung kalau ujug-ujug nama saya ada di dalamnya," kata Rizal dalam pesan kepada detikcom, Rabu (8/8).

Sebelumnya diberitakan, tim pertimbangan Monas akan bertugas menyeleksi kegiatan yang digelar di sana. Tim akan menerima gaji Rp 461 juta untuk 8 bulan.

"Pelayanan Monas ada kegiatan baru. Jadi ada Tim Pertimbangan Pemanfaatan, tim tersebut perlu dikasih insentif berupa (uang) Rp 461 juta," kata Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan DKI Asiantoro di hadapan anggota Komisi B DPRD DKI.

Pembentukan tim tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 276 Tahun 2018 tentang Tim Pertimbangan Penyelenggaraan Kegiatan atau Acara di Kawasan Monumen Nasional.

Beberapa pihak dan nama yang bergabung di dalam tim di antaranya jajaran dari UPK Monas, Biro Perekonomian Setda, Kementerian Sekretariat Negara, Polda Metro Jaya, serta Kodam Jaya. Selain itu, ada unsur non-pemerintah, yakni Anhar Gonggong, JJ Rizal, dan Asro Kamal Rohan.



Tonton juga video: 'Sejarawan JJ Rizal Minta Tampilan Museum di Jakarta Dirombak'

[Gambas:Video 20detik]


Sekda DKI Tegur Dinas Pariwisata Terkait JJ Rizal Jadi Tim Monas

(fdu/ams)
FOKUS BERITA: Tim Pertimbangan Monas
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com