DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 19:39 WIB

3 Kawanan Pencuri Uang Nasabah Bank di Sulsel Ditembak Polisi

Zulkilfli Nasir - detikNews
3 Kawanan Pencuri Uang Nasabah Bank di Sulsel Ditembak Polisi ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta - Polres Sinjai menangkap kawanan pelaku pencurian uang nasabah Bank di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Dari 4 pelaku, 3 di antaranya ditembak polisi.

4 pelaku merupakan warga kota Makassar yakni, Jarot (40), Malik (45), Santoso (32), dan seorang gadis bernama Adinda (18), tertangkap di Jl Sawerigading, Sinjai Utara usai melakukan aksinya.

Berdasarkan laporan resmi yang masuk di Kepolisian, tercatat sebanyak 95 juta kerugian materil untuk 3 orang masing-masing di lokasi berbeda.



Dari modus operandi yang digunakan, Pelaku terlebih dahulu mengintai korbannya dengan menggunakan sebuah mobil dan seorang di antaranya menggunakan motor.

Pelaku tertangkap usai menggasak uang milik korban dari balik sadel motor. Korban yang merupakan salah satu nasabah bank BUMN tersebut merupakan sasaran setelah dilakukan pengintaian oleh pelaku.

Petugas Kepolisian yang sebelumnya melakukan penyamaran berhasil membuntuti pelaku dan kemudian melakukan penangkapan di lokasi persembunyiannya.

3 pelaku berusaha melawan saat dilakukan proses penggerebekan yang akhirnya masing-masing dihadiahi timah panas di bagian kaki.

Petugas mengamankan barang bukti berupa, uang tunai sebesar 60 juta, 1 unit mobil dan motor yang digunakan beraksi, dan 1 buah mata kunci T yang digunakan untuk mencongkel kendaraan korbannya.



"Tim kami telah melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki masing-masing pelaku karena dianggap membahayakan dengan mencoba melakukan perlawanan saat proses penangkapan," terang Ardiansyah (7/8/18).

Usai diberi tindakan medis di RSUD Sinjai, Pelaku kini resmi ditahan di sel Mako Polres Sinjai dan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan untuk ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed