DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 18:27 WIB

Anak SD Jadi Bandar Sabu, Salah Siapa?

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikNews
Anak SD Jadi Bandar Sabu, Salah Siapa? Foto: Dok. Istimewa
FOKUS BERITA: Siswa SD Bandar Sabu
Makassar - Seorang bocah SD menjadi bandar sabu di Makassar. Bocah SD itu diduga menjual sabu kepada temannya yang sudah SMP. Siapa yang salah?

Menurut Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto, apa yang dilakukan bocah SD itu tak lepas dari pengaruh orang tua, lingkungan, dan teman-temannya. Untuk itu, perlu ditelisik lebih jauh latar belakang bocah SD bandar sabu itu.

"Kami menyayangkan atas kejadian ini. Hemat saya perlu ditelusuri lebih jauh profil pengasuhannya seperti apa, lingkungannya seperti apa, pola bertemannya bagaimana. Ini penting untuk memposisikan kasus ini secara jelas," kata Susanto saat berbincang dengan detikcom, Selasa (7/8/2018).

Susanto menambahkan pihaknya mengimbau orang tua dan sekolah meningkatkan deteksi dini dan pencegahan pada anak.

"Agar anak tidak terpapar penyalahgunaan narkotika. Ini tak boleh terjadi. Masa depan anak-anak harus kita selamatkan," lanjut dia.

Menurut Susanto, kasus bocah SD menjadi bandar sabu itu bukan yang pertama. "Ada (kasus serupa). Tapi lupa saya titik lokasinya," jawabnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang anak berusia 14 tahun diamankan Polsek Tallo, Makassar, setelah kedapatan mengedarkan narkoba jenis sabu di Jalan Panampu, Lorong II, Kampung Gotong, Kecamatan Tallo. Bocah ini diamankan bersama 1 saset sabu siap pakai.
(asp/rvk)
FOKUS BERITA: Siswa SD Bandar Sabu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed