DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 13:11 WIB

Kapolri Cerita Proses Pengembalian Yacht Jho Low ke Malaysia

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kapolri Cerita Proses Pengembalian Yacht Jho Low ke Malaysia Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Yacht mewah bernama Equanimity yang pernah disita Bareskrim Polri kini telah dikembalikan ke otoritas Malaysia. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menceritakan bagaimana akhirnya yacht tersebut bisa diserahkan ke otoritas Malaysia.

"Mungkin Anda monitor mengenai kapal Equanimity ya yang dari tadinya di Bali kita sita kemudian praperadilan kita kalah, tapi kita kan punya kewenangan menyita kembali atas permintaan dari Ketua PDRM (Polisi Di Raja Malaysia) Kepala Polisi Di Raja Malaysia minta resmi kepada kita agar diserahkan kepada otoritas polisi Malaysia karena dianggap mereka ada hubunganya dengan perkara di situ," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada wartawan di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).



Tito mengatakan Polri akan mempelajari permintaan itu. Baik Polri dan kepolisian Malaysia akan melakukan pendekatan sesama institusi kepolisian nasional agar permasalahan itu cepat terselesaikan.

"Kita melaksanakan mekanisme police to police itu sering kita lakukan. Kita juga sering dikirim ada tangkapan di sana kemudian peristiwanya di sini mereka juga melakukan police to police. Kan ada mekanisme police to police dan juga MLA, Mutual Legal Assistance," imbuhnya.

Yacht tersebut kini sedang dalam perjalanan menuju Malaysia. Tito memperkirakan saat ini yacht itu sudah berada di perairan Batam, Kepulauan Riau.



"Kapal sudah diserahkan kemarin (6/8) sore, hari ini mungkin dibawa di perairan Batam perbatasan Johor, setelah itu dibawa, setelah itu sudah menjadi kewenangan Kepolisian Malaysia untuk melanjutkan penyelidikan perkara tersebut," kata Tito.

Sebelumnya diberitakan, PM Malaysia Mahathir Mohamad berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas pengembalian yacht mewah bernama Equanimity. Disebutkan PM Mahathir bahwa penyelidikan oleh Departemen Kehakiman AS mengindikasikan bahwa yacht itu dibeli dengan uang yang dicuri dari perusahaan investigasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang diselimuti skandal korupsi. Yacht itu disebut-sebut milik miliarder Malaysia, Low Taek Jho alias Jho Low, yang kini buron.


Tonton juga video: '4 Tahun Penyelidikan MH370: Pesawat Disabotase Keluar Rute'

[Gambas:Video 20detik]



Kapolri Cerita Proses Pengembalian Yacht Jho Low ke Malaysia

(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed