Tercatat 170 Kali Gempa Susulan di Lombok

Aditya Mardiastuti - detikNews
Senin, 06 Agu 2018 15:50 WIB
Rumah yang rusak akibat gempa Lombok. (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 170 gempa bumi susulan pascagempa Lombok berkekuatan 7 SR. Kekuatan gempa semakin lemah.

"Update gempa bumi Lombok (6/8) sampai pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak 170 gempa bumi susulan," kata Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko lewat keterangan tertulis, Senin (6/8/2018).


BMKG mengimbau warga tetap waspada dan sementara waktu menghindari bangunan yang rawan runtuh. Dia juga meminta masyarakat menjauhi daerah lereng atau tebing batuan yang rapuh karena dikhawatirkan rawan longsor.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan gempa 7 SR yang mengguncang Lombok pada Minggu (5/8) kemarin berpotensi tsunami meski letak episenternya berada di darat. Penyebabnya, sumber gempa bumi bukanlah suatu titik, tetapi merupakan bidang patahan yang menerus atau melampar memanjang hingga bidang patahan atau robekan batuan tersebut masuk di dasar laut di dekat pantai Lombok di bagian utara.


Sementara itu, BNPB mencatat total korban meninggal dunia 91 orang, 209 orang luka-luka, dan ribuan rumah rusak akibat gempa Lombok 7 SR. Proses evakuasi pascagempa juga dilakukan di 3 Gili.

Total 358 orang dievakuasi dari tiga Gili di Lombok, yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Sebanyak 208 orang di antaranya warga negara asing (WNA). (ams/fdn)