detikNews
Sabtu 04 Agustus 2018, 02:01 WIB

Laporan Dari Mekah

Jemaah Antusias dengan Penambahan Bimbingan Ibadah di Saudi

Fajar Pratama - detikNews
Jemaah Antusias dengan Penambahan Bimbingan Ibadah di Saudi Bimbingan Ibadah Haji kepada jemaah di hotel-hotel/(Fajar-detikcom)
Mekah - Tahun ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memperkuat bimbingan ibadah untuk jemaah haji saat berada di Arab Saudi. Jemaah antusias dengan penambahan bimbingan ibadah ini.

"Antusias jamaah di sana begitu besar salah satunya di sektor 9 di Misfalah," kata Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali di kantor Daerah Kerja Makkah, Jumat (3/8/2018).

Program bimbingan ibadah tahun ini lebih diperkuat. Pada tahun lalu hanya ada empat konsultan ibadah di kantor daerah kerja (daker). Sedangkan tahun ini, petugas bimbad ada di setiap sektor. Selain itu ada juga tiga orang petugas yang tinggal di kantor daker. Mereka menyambangi penginapan jamaah untuk menyegarkan pemahaman manasik haji yang sudah didapatkan jamaah di Tanah Air.

Program ini terjadwal di setiap sektor. Selain petugas sektor, tim bimbingan ibadah di kantor daker juga turun langsung menghadapi jamaah haji. Biasanya mereka menggelar pertemuan pada siang atau sore hari.



"Semuanya terdata. Ini kami maksudkan untuk meningkatkan kualitas ibadah haji," kata Nizar.

Dalam setiap sesi bimbingan ibadah, petugas menyampaikan pandangannya tentang seluk-beluk ibadah haji yang membutuhkan kekuatan fisik. Nizar mengatakan, meski acara sudah selesai, jamaah tampak antusias untuk berdialog nonformal bersama pembimbing ibadah di sana.

"Dibuka termin tanya jawab, dari hasil itu ternyata jemaah sangat pro aktif dalam komteks ini. Pertanyaan-pertanyaannya yang tertkait dengan pesolaan2 manasik," ujar Nizar.
(fjp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com