detikNews
Jumat 03 Agustus 2018, 18:07 WIB

Soekarwo: Dukungan Demokrat ke Prabowo Belum Final

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Soekarwo: Dukungan Demokrat ke Prabowo Belum Final Soekarwo (Pakde Karwo). (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Surabaya - Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jawa Timur Soekarwo mengatakan keputusan DPP PD mengusung Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2019 belum final. Pasalnya, belum ada keputusan Majelis Tinggi Partai (MTP).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini menyebut Majelis Tinggi PD akan menggelar rapat pada Sabtu (4/8) besok. Rapat akan mengeluarkan keputusan resmi soal arah dukungan partai.

"Belum, masih tahap 4, masih tahap 2 rapat, nanti akan diputus di majelis tinggi tanggal 4," kata Pakde Karwo di Surabaya, Jumat (3/8/2018).


Pakde Karwo, yang juga anggota MTP PD, masih menunggu undangan rapat itu. Ia juga memastikan siap mendukung keputusan MTP soal capres yang akan diusung pada Pilpres 2019.

"Iya nanti diundang. Tapi sampai saat ini belum nerima undangannya," ucap Pakde Karwo.

"Semua struktur organisasi itu dapat perintah dan kita melaksanakan," imbuhnya.

Meski siap menjalankan keputusan partai, Pakde Karwo pun berbicara mengenai pilihan pribadi. Gubernur Jatim ini diketahui mendukung Joko Widodo.


"Tapi kemudian pilihan masing-masing itu ndak tahu. Dari strukturalnya pasti, tapi pribadinya kan ndak bisa," sebut Pakde Karwo.

Seperti diketahui, Ketum Demokrat yang juga Ketua MTP PD, Susilo Bambang Yudhoyono, sudah menyatakan mendukung Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk Pilpres 2019. Demokrat pun masih terus melakukan konsolidasi bersama partai-partai pendukung Prabowo, yakni Gerindra-PKS-PAN.

"Kami datang dengan keyakinan Pak Prabowo calon presiden kita," kata SBY di kediaman Prabowo, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7).

Kepastian koalisi juga sempat dinyatakan Prabowo. SBY menyebut pertemuan keduanya dengan Prabowo telah membuat kesepakatan kian terang.

"Ini pertemuan kedua. Pertemuan pertama terbuka lebar Gerindra dan Partai Demokrat berkoalisi. Sekarang pintu itu makin lebar. Insyaallah kita bisa diketemukan untuk melakukan perbaikan yang akan datang untuk 5 tahun ke depan," tuturnya.
(elz/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed