Ini Chat Terakhir Alex Sopir Taksi Online yang Dibunuh dan Istri

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 02 Agu 2018 18:15 WIB
Suharto alias Alex (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Sebelum ditemukan tewas di Sumedang, Jawa Barat, Suharto alias Alex berkomunikasi dengan istrinya, Hikmah (26), pada Senin, 27 Juli, malam. Obrolan via chat WhatsApp itu menjadi komunikasi terakhir sang istri dengan almarhum.

"Terakhir (komunikasi) jam 6-an (malam) hari Senin, pas dia ngirimin pesan terakhir ke temennya. Dia bales chat aku, tapi aku duluan yang nge-chat," kata Hikmah saat ditemui di kediamannya di kompleks Depsos, Bekasi, Kamis (2/8/2018).

Dalam chat itu, Hikmah mengingatkan suaminya memeriksa kondisi listrik dan pintu sebelum meninggalkan rumah.

"Soalnya dia ninggalin rumah dalam keadaan pintu terbuka, kipasnya nyala. Ya aku cuma ngingetin aja, 'Yah (ayah) kalau ninggalin rumah dicek lagi listriknya, kipasnya, jendelanya'," ujar Hikmah menirukan percakapan dengan Alex.

"Dia bales jam 6.00 (malam), itu 'cuma jendela aja kok Bun yang kebuka', terus aku bales jam 7.00 (malam)," ungkapnya.


Namun balasan chat dari Hikmah tidak dibalas lagi oleh Alex. "Ini biasanya respons cepet, tapi ini nggak, padahal udah checklist dua (pesan terkirim)," sambungnya.

Sebelum chating-an, Hikmah juga sempat berkomunikasi via telepon di hari yang sama. Hikmah sempat menanyakan kabar suaminya.

"Sebelumnya, aku sempat nelpon dia sekitar jam 06.00 (sore) kurang, tanya kabar, terus dia bilang 'aman'. Cuma di situ lagi banyak orang gitu, kayaknya dia sedang dalam tekanan, sudah 'kejebak'," jelasnya.

Hikmah mengatakan suaminya setiap Senin-Minggu bekerja sebagai driver taksi online. "Senin sampai Minggu, berangkat dari rumah antara jam 9.00 (pagi) sampai jam 12.00 (siang), nanti jam 12.00 malam balik," tuturnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (28/7) hingga Minggu (29/7), Alex pergi touring bersama komunitas White Car Indonesia (WCI) ke Anyer. "Minggu sore pulang, terus ke sini (rumah) main sama anak," ungkapnya.


Senin (30/7) pagi menjadi hari terakhir dirinya bertemu Alex. Hikmah berangkat kerja pagi ketika Alex masih tidur.

"Ketemunya Senin pagi, tapi dalam kondisi dia masih tidur dan anakku tidur, aku ngajar," ungkapnya.

Pada Senin (30/7) malam, teman Alex dari komunitas WCI bernama Kamil datang ke rumahnya. Kamil mengabarkan chat misterius dari Alex.

"Kamil itu udah ngabarin aku jam 08.00 malam (hari Senin), tapi ngabarin cuma screenshot-nya (chat WA) aja, cuma kronologi aja, aku positive thinking aja," tuturnya.

Hikmah baru mengetahui suaminya meninggal pada Selasa (31/7). Saat itu, Kamil juga datang menjemput ayah Hikmah untuk berangkat ke Subang.

(mea/mei)