DetikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 17:42 WIB

LRT Palembang Sempat Mogok, Ini Penjelasan Produsen

Raja Adil Siregar - detikNews
LRT Palembang Sempat Mogok, Ini Penjelasan Produsen Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melintas di atas Sungai Musi, Palembang beberapa waktu lalu (Foto: Antara Foto)
Palembang - Light Rapid Transit (LRT) sempat mogok saat dipakai uji operasi bagi masyarakat umum. PT Inka selaku produsen mengakui kereta alami kendala teknis saat berada di lintasan 2 km sebelum stasiun bandara.

"Kendala teknis LRT terjadi pada sensor pintu yang terbaca posisi open, sehingga sistem keamanan (failure safe) kereta itu bekerja. Sistem keamanan ini dirancang sebagai keamanan dan mengaktifkan mode standby," terang Manager Humas PT Inka, Exiandri BP, saat dikonfirmasi, Kamis (2/8/2018).

Dia menambahkan, pada peristiwa yang terjadi Rabu (1/8) kemarin, kereta tidak bisa dijalankan selama ada indikator salah satu sensor menyala. LRT ini pun mogok selama 50 menit.


Meskipun begitu, Exiandri menyebut LRT juga dilengkapi dengan mode shortcut 'Engine On' yang bisa difungsikan oleh operator apabila memang semua pintu dipastikan dalam keadaan tertutup. Exiandri mengatakan pihaknya telah melakukan investigasi.

"Tim teknis telah melakukan investigasi dan menemukan bahwa setting sensor pada pintu kereta masih terlalu sensitif. Untuk itu telah dilakukan resetting ulang terhadap sensor tersebut dan LRT telah dapat beroperasi kembali dengan lancar," katanya.


"Karena LRT sebagai produk perdana, tim teknis akan terus mengawal operasional sampai LRT dapat beroperasi maksimal baik dari sisi kenyamanan dan terutama dari sisi keamanan," kata Exiandri.

Atas kendala teknis yang terjadi kemarin sekitar pukul 14.20 WIB saat Palembang diguyur hujan deras, PT Inka pun mohon maaf. Terutama atas ketidaknyamanan penumpang yang ada di kereta saat itu.


"Kami memohon maaf, terutama atas ketidaknyamanan dalam kendala teknis tersebut," tutup Exiandri.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed