DetikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 15:38 WIB

Sempat Mogok, LRT Palembang Kembali Beroperasi

Raja Adil - detikNews
Sempat Mogok, LRT Palembang Kembali Beroperasi LRT Palembang (Foto: dok. Antara Foto)
Palembang - Uji operasi kereta light rail transit (LRT) bagi masyarakat umum di Palembang, Sumatera Selatan, sempat ngadat alias mogok. Saat ini kereta LRT pertama di Indonesia tersebut kembali beroperasi normal.

"Memang kemarin sempat ada problem, tapi hari ini sudah mulai beroperasi lagi," kata pejabat pembuat komitmen LRT Palembang Suranto saat dimintai dikonfirmasi detikcom, Kamis (2/8/2018).

Dikatakan Suranto, sebelum kereta LRT mogok, pihaknya sudah mengantisipasi jauh hari. Salah satunya menyediakan train set cadangan di Depo Jakabaring, termasuk langkah evakuasi di pelintasan.

"Langkah-langkah evakuasi dan langkah untuk mengantisipasi sudah jauh hari kami dilakukan. Termasuk menyediakan train set cadangan di depo," kata Suranto.

Namun, lanjut Suranto, untuk evakuasi saat kereta LRT mogok pada Rabu (2/8) sore kemarin sekitar pukul 14.20 WIB, pihaknya memang sengaja tak mengevakuasi penumpang dengan kereta lain.

"Pertimbangan tidak dilakukan evakuasi kemarin itu karena waktu. Kalau kereta berangkat dari Depo Jakabaring untuk proses evakuasi, pasti memakan waktu lama dan alhamdulillah keretanya juga kemarin bisa langsung beroperasi," kata Suranto.

Selain memastikan kereta LRT kembali beroperasi secara normal, Suranto membantah jika dikatakan kereta mogok karena terkena air akibat hujan lebat. Bahkan dia menyebut hujan tak berpengaruh pada kegiatan operasional LRT.

"Tidak ada itu kalau karena hujan, tidak ada hubungannya. Buktinya, kereta dari bandara ke Jakabaring kemarin tetap jalan, tidak ada masalah. Jadi ya saya hanya bisa katakan itu kendala teknis," kata Suranto.

"Sekarang sudah aman, kereta kembali beroperasi dan semua dalam persiapan Asian Games. Yang perlu diingat bahwa LRT ini adalah buatan anak negeri, jadi harus bangga," tutupnya.

Sebelumnya, juru bicara PT KAI Divre III Kota Palembang Aidah mengatakan kereta LRT berhenti 2 km sebelum tiba di stasiun Bandara SMB II. Saat ini PT KAI bersama PT Inka tengah menyelidiki permasalahan itu.

"Kami sudah laporkan kepada PT Inka untuk evaluasi karena sekarang masih wewenang PT Inka. Karena ini kejadian pertama, ya jadi pelajaran dan evaluasi bersama," kata Aidah.


Tonton Video 20Detik: LRT Palembang Mulai Beroperasi untuk PNS

[Gambas:Video 20detik]


Sempat Mogok, LRT Palembang Kembali Beroperasi

(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed