detikNews
Senin 30 Juli 2018, 11:50 WIB

100 Napi LP Cipinang Dilatih Jadi Tenaga Bangunan

Ibnu Hariyanto - detikNews
100 Napi LP Cipinang Dilatih Jadi Tenaga Bangunan Pelatihan napi Cipinang (Ibnu/detikcom)
Jakarta - Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkum HAM bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta menggelar pelatihan tenaga konstruksi bidang bangunan umum bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang. Sebanyak 100 warga binaan di Lapas Cipinang mengikuti kegiatan tersebut.

Dirjen PAS Sri Puguh mengatakan kegiatan pelatihan tersebut merupakan langkah nyata dalam memberikan pembinaan kepada narapidana di dalam lapas. Dia meminta warga binaan dan jajaran di Lapas Kelas I Cipinang memaksimalkan pelatihan tersebut.

"Jadi fasilitasi ini menyiapkan segala sesuatunya. Kegiatan ini akan sangat optimal manakala yang 100 orang ini ditambah jajaran Lapas Kelas I Cipinang ikut serta maksimal. Mubazir nanti kalau kita tidak maksimal mengikuti," kata Sri Puguh dalam sambutannya di Lapas Kelas I Cipinang, Jaktim, Senin (30/7/2018).
100 Napi LP Cipinang Dilatih Jadi Tenaga BangunanPelatihan napi Cipinang (Ibnu/detikcom)


Sri Puguh mengatakan para warga binaan yang mengikuti pelatihan itu akan diperbantukan untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur di lingkungan Ditjen PAS. Salah satunya menjadi tenaga konstruksi rumah ibadah di Lapas Tangerang.

"Mereka nggak akan ke mana-mana. Kami sudah kumpulkan anggaran bangun rumah ibadah, kami kumpulkan Rp 2 miliar untuk mendukung operasional yang di Tangerang. Mudah-mudah teman-teman ini yang kerja nanti, mereka yang belikan untuk dibangun di sana," terangnya.

Sri Puguh juga berharap warga binaan yang telah mendapatkan pelatihan menjadi tenaga terampil. Harapannya, para warga binaan bisa mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mereka.

"Jangan hanya mimpi jadi tenaga terampil tukang batu dan tukang kayu, tapi harus meningkatkan diri. Lebih diri itu, dengan banyaknya tambahan pengetahuan. Jangan cuma ikut saja," tambahnya.
100 Napi LP Cipinang Dilatih Jadi Tenaga BangunanPelatihan napi Cipinang (Ibnu/detikcom)


Sri Puguh secara resmi membuka pelatihan tenaga konstruksi bidang bangunan umum bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang. Acara itu juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin dan Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta Riky Aditya Nasir.



Tonton juga 'Ribut-ribut di LP Cipinang':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed