detikNews
Senin 30 Juli 2018, 09:56 WIB

Pelican Crossing di Thamrin Bakal Dijaga Petugas Dishub 24 Jam

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pelican Crossing di Thamrin Bakal Dijaga Petugas Dishub 24 Jam Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom
Jakarta - Pelican crossing sudah dipasang di kawasan Thamrin. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan Dishub DKI berjaga di sekitar lokasi.

"Petugas hadir untuk memberikan rasa tenang pada saat mereka menyeberang. Menyeberang jalan di Indonesia ini sering menegangkan. Karena itu, mereka hadir untuk membantu supaya mereka tenang karena ada petugas. Petugasnya ada 24 jam," kata Anies di Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (30/7/2018).



Anies mengatakan belum bisa mengevaluasi penggunaan pelican crossing karena saat ini baru dalam tahap uji coba. Petugas masih menyeberangkan warga secara manual hingga pelican crossing beroperasi secara normal.

"Sekarang kita belum bisa menilai karena lampunya belum berfungsi. Nanti, sesudah lampu berfungsi, baru kita mulai. Sekarang petugas menyeberangkan secara manual," ucap Anies.

Selain itu, Anies akan segera memasang ramp di sekitar pelican crossing. Diharapkan pengguna kursi roda mudah dalam menyeberang jalan.



"Mereka tidak perlu naik-turun tangga, tapi cukup menggunakan crossing begini. Nanti akan ada ramp, untuk halte bisa tidak JPO, tapi lewat bawah langsung bisa," terangnya.

Pemasangan pelican crossing dilakukan untuk menggantikan fungsi jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dirobohkan. Anies ingin JPO dirobohkan agar tidak menghalangi pemandangan Patung Selamat Datang.


Inilah Lokasi Pelican Crossing Pengganti JPO HI, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com