Soal Rekomendasi KASN, Sandi: Kami Akan Konsolidasi Dulu

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 29 Jul 2018 13:35 WIB
Sandiaga Uno. Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) merekomendasikan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengembalikan para pejabat yang dicopot. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku pihaknya akan melakukan konsolidasi internal terkait hal itu.

"Ya, kita ini sebuah masukan dan kita akan konsolidasi di Pemprov DKI dan kita pelajari dulu," ujar Sandiaga di Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).



Namun, Sandi mengaku belum mendapatkan surat resmi rekomendasi tersebut. Ia mengatakan, akan segera mengecek apakah surat rekomendasi tersebut telah sampai ke Pemprov DKI atau belum.

"Nanti hari Selasa karena saya hari Senin, Selasa di Kepulauan Seribu. Setelah itu saya tindak lanjuti, koordinasi juga dengan Pak Gubernur dan timnya dinas terkait," katanya.

Apakah nantinya Pemprov akan melaksanakan rekomendasi tersebut? Sandi enggan menjawab.

"Kita nggak mau berspekulasi kita lihat dulu, tidak memberikan pernyataan yang nanti membuat spekulasi. Kita lihat dulu hasilnya seperti apa kita diskusikan dan kita konsultasikan dengan teman-teman di KASN. Karena ujungnya kita ingin ASN lebih baik," tutur Sandi.



Sebelumnya, KASN mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa dikenai sanksi bila tak melaksanakan rekomendasi KASN terkait perombakan pejabat DKI. Rekomendasinya adalah mengembalikan jabatan kepada pejabat yang dicopot.

"Apabila Gubernur DKI Jakarta tidak menindaklanjuti rekomendasi KASN tersebut di atas, maka tersebut di atas berpotensi melanggar Pasal 78 juncto Pasal 61, 67, dan 76 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pemerintahan Daerah," kata Ketua KASN Sofian Effendi, Jumat (27/7).

Terkait rekomendasi KASN ini, Anies merasa heran kenapa menyampaikan rekomendasi terkait perombakan pejabat DKI Jakarta secara terbuka. Anies pun siap menjawabnya.




Tonton juga 'Sandi Ingin Hadirkan Budaya Betawi di Asian Games 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/bag)