detikNews
Minggu 29 Juli 2018, 11:59 WIB

Saat 4 Babinsa Berprestasi Tak Kuasa Minta Hadiah ke Jokowi

Ray Jordan - detikNews
Saat 4 Babinsa Berprestasi Tak Kuasa Minta Hadiah ke Jokowi Presiden Jokowi di Makassar (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Makassar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodam XIV/Hasanuddin. Jokowi juga memberi apresiasi Babinsa yang berprestasi.

Jokowi tiba di lokasi acara yakni di Balai Manunggal M Yusuf Kodam XIV/Hasanuddin, Kota Makassar, Minggu (29/7/2018) pukul 10.30 Wita. Kehadiran Jokowi disambut langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.


Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan ada 2.000 Babinsa yang hadir untuk mendengarkan arahan dari Jokowi. Dari 2.000 itu, Hadi menyebut 4 di antara banyak nama yang berprestasi dalam upaya membangun dan melayani masyarakat desa.

Mereka yakni Serma TNI Musbah yang menyelamatkan korban kapal penumpang yang terbakar di perairan Muna pada tahun 2016. Kemudian ada Koptu TNI Yahya Salam yang berhasil menemukan pupuk cair organik yang kemudian diberi nama Pupuk Kopral.

Selanjutnya ada Sertu TNI Asmulyadi yang berhasil membuat kincir yang menghasilkan tenaga listrik sebesar 5.000 watt di Desa Bulue, Kabupaten Soppeng. Terakhir ada Serka Darwis yang aksinya dalam membantu anak sekolah menyeberang sungai menggunakan gondola karena tidak ada jembatan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kinerja para Babinsa berprestasi tersebut. Dia yakin masih banyak Babinsa yang berprestasi di bidang lainnya.


"Babinsa adalah tulang punggung dalam menciptakan ketahanan di wilayah. Tulang punggung. Sebab itu saya berharap agar penanganan di dalam lingkup kecil di desa pendekatannya benar, tidak usah pendekatan represif, tapi pendekatan lunak yang menyelesaikan masalah, problem," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menawarkan para Babinsa berprestasi itu hadiah. Namun mereka malah meminta agar program mereka lebih dibantu dan dipermudah.

"Tadi ada 4 Babinsa, tolong berdiri. Minta hadiah apa? Minta hadiah apa?" kata Jokowi. Namun keempat prajurit Babinsa tersebut tetap diam.

"Minta hadiah apa?" tanya Jokowi lagi, namun tak juga mendapat jawaban.

"Nggak yang jawab. Minta hadiah apa juga belum tentu saya beri," kata Jokowi yang membuat para prajurit Babinsa lainnya di ruangan itu tertawa.

Setelah Jokowi menunggu beberapa saat, satu persatu Babinsa itu angkat bicara. Dimulai oleh Serma Musbah yang meminta agar anak-anak di desa tempat dia mengabdi diberi dorongan dan kemudahan agar menjadi prajurit TNI.

"Dengan kesempatan ini kami mohon kepada bapak Presiden di mana di Kepulauan Muna anak-anak kami yang ingin melanjutkan TNI kami mohon petunjuk. Anak kami yang ada di Kepulauan Muna yang ingin meniti karir di militer, kami mohon petunjuk," katanya.

Jokowi pun kaget dan mengapresiasi permintaan tersebut. "Ini yang saya senang, disuruh minta hadiah, tapi masih memikirkan yang ada di sana," kata Jokowi.

Selanjutnya yakni Yahya Salam yang meminta agar diberi fasilitas alat untuk memudahkan dalam pembuatan pupuk cair organik yang dia ciptakan. "Kami minta warga untuk difasilitasi alat untuk melanjutkan pembuatan seperti mulai untuk pencampuran, supaya kami tidak menggunakan alat tangan," katanya.

Kemudian Asmulyadi yang meminta agar desa tempat dia mengabdi bisa segera teraliri listrik dengan baik. "Mengharapkan kepada Pak Presiden untuk memberikan motivasi supaya bisa di kampung tersebut terealisasi dengan listrik," katanya.

Terakhir yakni Serka Darwis. Dia mengatakan banyak anggota Babinsa di tepat dia bertugas yang belum memiliki kendaraan roda dua sehingga menghambat mobilitasnya. Untuk itu, Darwis meminta agar Jokowi memberikan sepeda motor kepada beberapa anggota Babinsa tersebut.

"Sesuai harapan kami, saya minta kami Babinsa memiliki 3 kabupaten, kami mohon izin kiranya rekan-rekan kami yang Babinsa masih banyak yang bekum memiliki roda dua," katanya.

"Ya, roda dua nanti Panglima yang kirim," timpal Jokowi.

Jokowi rupanya tak puas. Dia berharap empat Babinsa tersebut meminta hadiah untuk keperluan pribadinya, namun hal itu tak dia dapat.

"Yang saya tanya pribadi, Pribadi bapak-bapak ini ingin apa? Ini nggak ada yang minta, ya sudah," katanya

"Beneran nih?" tanya Jokowi meyakinkan. Namun prajurit tersebut menutup mulutnya rapat.

"Diberi kesempatan sama Presiden nggak diambil, ya sudah," kata Jokowi.


Tonton juga 'TNI Apresiasi Pemerintah Atas Naiknya Tunjangan Babinsa':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed