Ada Teropong Gerhana Gratis dan Salat Gerhana di TIM Jakarta

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 27 Jul 2018 20:04 WIB
Agenda salat gerhana di Taman Ismail Marzuki Jakarta (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Planetarium Jakarta di Taman Ismail Marzuki mengajak masyarakat melakukan peneropongan gerhana bulan total malam nanti secara gratis. Di lokasi juga ada agenda salat gerhana.

detikcom memantau suasana di Planetarium Jakarta, kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018) pukul 19.30 WIB. Terlihat ada meja panitia untuk registrasi peserta yang akan ikut meneropong gerhana bulan.


Suasana di Planetarium JakartaSuasana di Planetarium Jakarta (Isal Mawardi/detikcom)

Terlihat pula satu buah bus Mobile Observatory Planetarium and Observation Jakarta yang terparkir di depan Plaza Theater Jakarta. Ada juga belasan orang yang bercengkerama dan duduk-duduk santai di sekitar lokasi.


Acara peneropongan gerhana bulan total di Planetarium Jakarta ini akan dimulai malam ini pukul 23.00 WIB hingga Sabtu (28/7) pukul 06.00 WIB.

Suasana di Planetarium JakartaSuasana di Planetarium Jakarta (Isal Mawardi/detikcom)

Selain itu, Masjid Amir Hamzah di TIM juga mengadakan salat gerhana bulan. Salat akan dimulai pukul 01.15 WIB. Ustaz H Mukhhlis Mukti LC akan jadi imam dan khatib.

Keterangan BMKG, fase gerhana akan dimulai pada Sabtu (28/7) pukul 00.13 WIB. Kemudian berlanjut hingga fase gerhana sebagian yang ditandai dengan masuknya piringan bulan ke umbra bumi pada pukul 01.24 WIB.

Selanjutnya, fase gerhana total akan dimulai pada pukul 02.29 WIB. Setelah fase ini, bagian bulan akan memerah dan mencapai puncak kemerahan pada saat puncak gerhana, yakni pukul 03.21 WIB.

BMKG menyebutkan fase totalitas gerhana bulan total dini hari nanti yang mencapai 103 menit adalah yang terlama hingga lebih dari seratus tahun ke depan. Fase gerhana bulan total yang lebih lama dari gerhana bulan dini hari nanti bakal terjadi pada 9 Juni 2123. Sayangnya, gerhana itu tak teramati dari Indonesia. (hri/van)