DetikNews
Jumat 27 Juli 2018, 15:05 WIB

PAN Jawab Luhut: Amien Rais Tidak Asal Bicara soal Freeport

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PAN Jawab Luhut: Amien Rais Tidak Asal Bicara soal Freeport Saleh Partaonan Daulay (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tak asal bicara soal penutupan PT Freeport Indonesia. PAN menegaskan Amien sedang tak asal bicara.

"Saya kira Pak Amien tidak asal bicara. Beliau mengungkapkan hal itu berdasarkan informasi valid yang beliau terima dari berbagai sumber. Termasuk soal pajak, itu juga sudah diakui. Persoalan apakah sudah diselesaikan atau tidak, itu urusan yang lain. Faktanya, memang ada masalah," ujar Wasekjen PAN Saleh P Daulay, Jumat (27/7/2018).


Saleh menegaskan Amien Rais paham soal Freeport, bahkan sejak reformasi. Sikap Amien soal Freeport pun disebut Saleh bukan muncul baru-baru ini.

"Di banyak diskusi dan juga tulisannya, Pak Amien selalu tegas terkait Freeport. Jadi tidak heran jika belakangan Pak Amien tetap mempersoalkan Freeport," sebut Amien.


Saleh meminta semua pihak tak memandang sinis pendapat Amien soal Freeport. Sekali lagi, dia menegaskan kritik Amien soal penutupan Freeport bukan baru-baru ini muncul.

"Kritik Pak Amien terkait Freeport bukan pada masa pemerintahan ini saja. Pada pemerintahan-pemerintahan sebelumnya pun hal ini selalu disuarakan," tegas Saleh.

Sebelumnya, Amien mengatakan Freeport melakukan berbagai pelanggaran, termasuk mengemplang pajak. Amien juga menyebut Freeport telah banyak melakukan kejahatan kemanusiaan. Dia menuding banyak warga yang sudah menjadi korban di lokasi tambang.

"Ya kan dia ngomong aja. Saya sih ya Pak Amien jangan asal ngomong aja, lihat dulu dong apa semudah itu menutup itu, kan nggak juga," kata Luhut kepada wartawan di Auditorium Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, siang ini.


Buktikan Amien Rais Komisaris Freeport Kalau Mau Dapat 100 Juta Dolar! Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed