MK Gelar 35 Sidang Sengketa Pilkada

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 26 Jul 2018 13:48 WIB
Mahkamah Konstitusi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar sidang gugatan sengketa Pilkada 2018. Sidang kali ini diagendakan sidang pendahuluan dari masing-maing penggugat.

Berdasarkan jadwal sidang MK, Kamis (26/7/2018), terdapat 35 perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah yang akan digelar hari ini. Nantinya sidang ini akan dilakukan secara panel.

Panel tersebut akan dibagi menjadi tiga panel, masing-masing panel nantinya akan dipimipin oleh tiga hakim konstitusi. Sidang ini juga dihadiri oleh pihak terkait, seperti pemohon dan KPU sebagai termohon, serta perwakilan Bawaslu RI.



Dalam persidangan pendahuluan MK akan mendengarkan permohonan pemohon serta melakukan pemeriksaan persyaratan formil dan materil masing-masing pemohon. Selain itu pemohon juga diperbolehkan diberikan bukti tambahan.

Nantinya KPU sebagai pihak termohon diberikan waktu untuk menjawab gugatan sengketa yang diajukan. KPU diberikan waktu dua hari usai dibacakannya permohonan, atau terhitung setelah selesai sidang pendahuluan.



Sidang pendahuluan ini nantinya akan digelar selama dua hari. Sampai saat ini tercatat sebanyak 70 jumlah perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah yang masuk ke MK.

Sidang yang digelar hari ini salah satunya, sidang sengketa Pilgub Lampung, Pilgub Sumsel dan lain-lain. (rvk/rvk)