Buron Tersangka Korupsi Dana UKM di Makassar Ditangkap

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 26 Jul 2018 12:40 WIB
Foto: Rudianto saat ditangkap jaksa (Opik-detik)
Makassar - Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejari) Makassar Cabang Pelabuhan menangkap tersangka pelaku korupsi dana koperasi senilai Rp 1,4 M. Pelaku dijemput paksa oleh petugas kejaksaan di rumahnya.

"Kita tangkap tersangka atas nama Rudianto terkait korupsi dana koperasi senilai Rp 1,4 miliar," kata Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Makassar di Pelabuhan, Andi Irfan di kantornya, Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (26/7/2018).

Menurut Irfan, kasus ini bermula pada tanggal 15 Mei 2013 saat Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Agung Lestari menerima bantuan dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) dari dana APBN sebesar Rp 2 miliar.



Rudianto bersama dengan Suwondo yang telah divonis dalam kasus yang sama dianggap tidak menyalurkan bantuan dana bergulir kepada calon penerima.

"Rudianto menggunakan dana ini untuk keperluan pribadinya dan tidak melaporkan penggunaan anggaran tersebut," ujarnya.

Penangkapan Rudianto ini dilakukan di kediamannya di wilayah Kabupaten Gowa, setelah pelaku tidak bekerjasama dalam penyidikan dan mangkir dalam pemeriksaan.

"Dia terlihat mangkir hampir setahun dan kami lakukan penangkapan langsung di rumahnya tadi pagi," terangnya.



Dalam menjalankan aksinya, Rudianto menandatangani perubahan Anggaran Dasar Koperasi sehingga terjadi perubahan pengurus KSP Agung Lestari. Tersangka juga menandatangani perjanjian pinjaman modal kerja sebesar Rp 2 miliar.

"Perbuatan tersangka mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1,4 miliar," sebutnya.

Rudianto saat ini langsung dibawa ke lapas Klas 1 Makassar dan menunggu selesainya berkas dakwaan yang saat ini sedang disusun.



Tonton juga 'Buron Tiga Tahun, Koruptor Bansos SD Rp 1,8 M Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]

(fiq/rvk)