DetikNews
Kamis 26 Juli 2018, 10:08 WIB

KPK Kembali Panggil Steffy Burase Terkait Suap Gubernur Aceh

Haris Fadhil - detikNews
KPK Kembali Panggil Steffy Burase Terkait Suap Gubernur Aceh Fenny Steffy Burase saat diperiksa KPK beberapa waktu lalu (Foto: detikcom)
Jakarta - KPK kembali memanggil Fenny Steffy Burase terkait dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Dia bakal diperiksa sebagai saksi.

"Sebagai saksi untuk IY (Irwandi Yusuf)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (26/7/2018).

Selain Steffy, KPK juga memanggil 5 saksi lainnya dari pihak swasta untuk Irwandi. Kelimanya adalah, Apriansyah, Akbar Velayati, Jason Utomo, Gigit Mawadah, dan Danial Novianto.

Steffy sendiri merupakan salah satu saksi yang dicegah ke luar negeri. KPK juga membekukan rekening milik Steffy.



Dia sudah pernah diperiksa pada Rabu (18/7) kemarin. Saat itu dia diperiksa selama 12 jam terkait dengan dugaan aliran dana dan sejumlah pertemuan yang diduga diketahui Steffy.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi sebagai tersangka. Ahmadi diduga memberikan suap Rp 500 juta dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen ke Irwandi demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi DOKA.

KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sementara 2 persen di tingkat kabupaten. Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018.

Selain Ahmadi dan Irwandi, ada dua orang swasta lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka yaitu Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri

Tonton juga video: 'Besok Si Cantik Steffy Burase Dipanggil KPK'

[Gambas:Video 20detik]


(HSF/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed