Koruptor Bahtiar Ditangkap Tanpa Perlawanan di Bone

Rivki - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 14:11 WIB
Foto: Koruptor ditangkap tim Kejaksaan (ist.)
Bone - Koruptor Bahtiar Mude ditangkap tanpa perlawanan di Bone, Sulsel pagi ini. Ia merupakan terpidana kasus korupsi Rp 1,5 miliar.

"Diamankan di Jalan Flores, Manurunge, Tanete Riattang Bone pukul 08.30 WITA," kata Jaksa Agung Muda (JAM) Intelijen, Jan Marinka kepada detikcom, Rabu (25/7/2018).

Bahtiar merupakan terpidana lorupsi Dana Alokasi Khusus Non Dana Reboisasi (DAK NON DR) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bone. Oleh Makamah Agung (MA), ia dipidana 1 tahun, denda Rp 50 juta subidair kurungan 1 bulan.

"Ini berdasarkan Putusan MA 1468 K/Pid.Sus/2013, tanggal 13 Januari 2014," uja Jan.

Penangkapan ini merupakan rangkaian Operasi Tabur 31.1 yang dilancarkan Kejagung setahun ini. Lebih dari 100 tersangka/terpidana dibekuk, puluhan di antaranya para koruptor.

"Tidak ada tempat yang aman bagi buron. Mereka tidak akan punya tempat aman dan tidak bisa tidur nyenyak. Akan kami kejar terus," ujar Jaksa Agung Prasetyo.

Prasetyo mengatakan, setelah ditangkap, para buron koruptor yang divonis bayar ganti rugi juga harus membayarnya ke negara. Jika tidak mau membayar, kejaksaan akan menyita aset apa pun yang dimiliki koruptor tersebut.

"Narapidana koruptor ini kan bukan hanya hukuman badan saja, tetapi harus bayar denda dan uang pengganti. Beberapa waktu lalu kan sudah kita tagih, uang pengganti yang suka atau tidak harus mereka bayar. Kalau dia tidak bayar uang pengganti, akan kami sita hartanya maupun asetnya," tegasnya.



Tonton juga 'Kejaksaan Tangkap Buronan Korupsi Rp 12,09 Miliar':


(rvk/asp)