Mengintip Aktivitas Luthfi Hasan Ishaaq di Sel Mewahnya

Erwin Dariyanto - detikNews
Selasa, 24 Jul 2018 20:13 WIB
Foto: dok. Mata Najwa
Jakarta - Presenter Najwa Shihab melihat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq, yang kini dipenjara di Lapas Sukamiskin, tampak langsing. Maka pertanyaan pertama yang dilontarkan Nana--begitu biasa dia disapa--saat masuk ke sel Luthfi adalah, "Apa rahasianya?"

"Banyak senyum," jawab Luthfi.

Sepenggal dialog itu terekam dalam inspeksi mendadak Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami ke Lapas Sukamiskin pada Minggu lalu. Tim 'Mata Najwa' yang ikut dalam rombongan melihat langsung kondisi sel Luthfi.



Ada sejumlah alat olahraga di sel terpidana 18 tahun penjara dalam kasus korupsi impor daging sapi itu. Juga berbagai macam buku.

Untuk menjaga kesehatan, Luthfi rajin berolahraga menggunakan sepeda statis yang ada di kamarnya. Selain olahraga, dia habiskan waktu dengan membaca.

"Sehari bisa baca berapa buku, Pak," tanya Najwa.

"Ya, sebanyak mungkin," jawab Luthfi singkat.



Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis 16 tahun penjara kepada Luthfi. Dia dinyatakan terbukti menerima suap Rp 1,3 miliar dari Rp 40 miliar yang dijanjikan Direktur PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman.

Mahkamah Agung memperberat hukuman Luthfi menjadi 18 tahun dan denda Rp 1 miliar. MA juga mencabut hak politik Luthfi untuk dipilih dalam jabatan publik. Dia menjadi penghuni LP Sukamiskin sejak 25 September 2014.



Selengkapnya, soal sel mewah Luhtfi Hasan Ishaaq akan tayang di acara 'Mata Najwa' pada Rabu, 25 Juli 2018, pukul 20.00 WIB di Trans7. (erd/jat)