DetikNews
Selasa 24 Juli 2018, 12:43 WIB

Wawan Sempat Tempati Selnya yang Disegel KPK

Erwin Dariyanto - detikNews
Wawan Sempat Tempati Selnya yang Disegel KPK Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Selain menangkap Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen, pada Sabtu dini hari pekan lalu Komisi Pemberantasan Korupsi menyegel dua sel narapidana atas nama Fuad Amin dan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, yang tak ada di kamarnya. Namun dalam inspeksi mendadak yang digelar Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami pada Minggu malam, Wawan diketahui menempati sel yang ada segel KPK.



Dirjen Pas Utami dan jajarannya serta Tim Mata Najwa sempat masuk ke sel Wawan. Tampak segel KPK masih tertempel di pintu masuk. "Assalamualaikum, Pak Wawan, apa kabar? Sel Pak Wawan disegel sama KPK," tanya Najwa Shihab.

Wawan tak menjawab dengan jelas pertanyaan Najwa. Adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu dihukum 7 tahun penjara karena terbukti menyuap Ketua MK Akil Mochtar guna memuluskan sengketa Pilkada Lebak, Banten.



Wawan juga divonis 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta dalam kasus korupsi proyek pembangunan tiga puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Selatan pada 2011-2012. Nilai kerugian sebesar Rp 9,6 Miliar. Wawan menghuni Lapas Sukamiskin sejak 17 Maret 2015.

Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah mengingatkan tak ada satu pun pihak yang masuk ke sel yang disegel kecuali penyidik. KPK juga melarang segel di dua sel tersebut dirusak. "Terhadap lokasi-lokasi yang sudah disegel di Lapas Sukamiskin, termasuk 2 sel terpidana korupsi di sana, agar tidak dimasuki oleh pihak mana pun kecuali penyidik yang berwenang. Kami ingatkan, ada risiko hukum jika segel atau bukti-bukti dalam penyidik dirusak atau dihilangkan," kata Febri Diansyah, Minggu (22/7/2018).

Selengkapnya soal sel mewah di Lapas Sukamiskin dan kamar tahanan bersegel KPK yang ditempati Wawan akan tayang di Mata Najwa pada Rabu, 25 Juli 2018, pukul 20.00 WIB di Trans7.

Sidak Lapas Sukamiskin, Petugas Temukan Barang Terlarang! Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed