DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 20:31 WIB

Wewenang OTT Kalapas Sukamiskin Dipertanyakan, Ini Jawaban KPK

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Wewenang OTT Kalapas Sukamiskin Dipertanyakan, Ini Jawaban KPK Kalapas Sukamiskin Wahid Husen ditahan KPK. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Dalam rapat dengar pendapat KPK dengan Komisi III DPR, sempat muncul pertanyaan apakah Kalapas Sukamiskin Wahid Husen yang ditangkap KPK merupakan penyelenggara negara sehingga bisa ditindak. Apa kata KPK?

"Apakah ini ranahnya KPK? Kami sebelum melakukan, kami rapat dengan jelas di kantor, apakah ini pengertiannya," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/7/2018).


Pertanyaan itu muncul dari anggota Komisi III Arsul Sani. Arsul khawatir KPK kalah di praperadilan jika Kalapas Sukamiskin ternyata bukan penyelenggara negara.

"Kita terus terang sudah membahasnya dengan secara ketat dan kita telah melihat UU Permasyarakatan dan Pasal 8 ayat 1 itu jelas," lanjut Syarif.

"Dikatakan bahwa, saya baca, petugas permasyarakatan sebagaimana dimaksud Pasal 7 merupakan pejabat fungsional penegak hukum yang melaksanakan tugas di bidang pembinaan pengamanan," tegas dia.


KPK menegaskan OTT yang menyasar Kalapas Sukamiskin sudah tepat. KPK meminta penjelasan mereka dipahami.

"Karena dia adalah penegak hukum, KPK mempunyai kewenangan untuk melakukan itu. Saya pikir itu perlu kita perhatikan secara saksama," ucap Syarif.
(gbr/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed