DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 19:38 WIB

Polri Cek Aduan Eks Danjen Kopassus soal Komjen Intervensi Kasus

Audrey Santoso - detikNews
Polri Cek Aduan Eks Danjen Kopassus soal Komjen Intervensi Kasus Foto: Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Eks Danjen Kopassus Mayjen TNI (Purn) Soenarko mengadukan seorang perwira tinggi (pati) Polri berpangkat komisaris jenderal (komjen) ke Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri soal tuduhan intervensi kasus. Sesuai mekanisme, Inspektur Khusus (Irsus) Itwasum mengecek laporan tersebut.

"Yang menangani adalah Irwasum, tetapi kalau masalah orangnya ke Propam. Kami belum tahu seperti apa penangananya, kalau itu terkait proses, berarti Irwasum," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/7/2018).


Aduan itu terkait perkara lahan di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Soenarko menyebut ada intervensi seorang komjen dalam penanganan perkaranya baik di tingkat daerah hingga ke pusat.

"Jadi nanti di Irwasum ada Irsus, dia yang akan mengecek kalau memang itu apa yang seperti dilaporkan. Ada prosesnya sendiri, kalau siapa-siapa yang terlibat, nanti propam yang akan turun," ujar Setyo.


Soenarko sebelumnya menyebut komjen yang mengintervensi perkara lahan perusahaannya adalah orang yang memiliki kewenangan di atas Kabareskrim Komjen Ari Dono. Menanggapi hal tersebut, Setyo mengaku tak tahu siapa yang dimaksud.

"Ya siapa di atas Kabareskrim? Nanti kami lihat dulu, belum tahu saya. Kami nggak akan main-main, semua masyarakat bisa melihat, apakah yang melapor jenderal atau itu masyarakat, tetap kami layani," ucap Setyo.



Tonton juga 'Purnawirawan Kopassus Deklarasikan Dukung, Prabowo Dipanggil Presiden':

[Gambas:Video 20detik]


(aud/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed